detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 20 Sep 2019 15:10 WIB

Ini Alasan Presiden Jokowi Tunjuk Menaker Hanif Dhakiri Jadi Plt Menpora

Andhika Prasetia - detikSport
Plt Menpora Hanif Dhakiri (Agung Pambudhy/detikSport) Plt Menpora Hanif Dhakiri (Agung Pambudhy/detikSport)
Jakarta - Hanif Dhakiri, 47 tahun, dipercaya menjadi pelaksana tugas (plt) menteri pemuda dan olahraga (menpora) menggantikan Imam Nahrawi. Apa alasannya?

Imam secara resmi telah meninggalkan jabatan sebagai menpora setelah Presiden Joko Widodo memberikan persetujuan. Melalui pertimbangan singkat, Presiden Jokowi menunjuk Hanif, yang juga Menteri Tenaga Kerja, sebagai plt Menpora.

Pengumuman itu dilakukan oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, di Istana Bogor, Jumat (20/9/2019). Pratikno sekaligus membeberkan alasan penunjukan itu.


"Ada beberapa pertimbangan, karena ada beberapa menteri dilantik anggota DPR pada 1 Oktober," kata Pratikno dalam konferensi pers.

"Iya, salah satunya itu (Hanif dari PKB)," ujar dia.

Kendati menjadi plt menpora, Hanif tetap menjalankan peran sebagai menaker. Dia akan rangkap jabatan hingga kabinet Kerja 2014-2019 berakhir pada 20 Oktober 2019.

"Pemerintahan sama saja, masih ada waktu 20 hari lagi. Presiden angkat plt untuk menteri yang kosong," Pratikno menegaskan.

Imam mundur dari kursi menpora setelah menjadi tersangka kasus korupsi dan gratifikasi pada Rabu (18/9/2019). Dengan alasan berfokus menghadapi kasus itu, politisi PKB tersebut mengajukan pengunduran diri dan pamitan dengan pegawai kemenpora sehari kemudian.


Ini Alasan Presiden Jokowi Tunjuk Menaker Hanif Dhakiri Jadi Plt Menpora


Simak Video "Usai Jadi Menaker, Hanif Ingin Buat Novel Percintaan"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com