detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 21 Sep 2019 02:54 WIB

Balapan Tanpa Masker, Rider Indonesia Juara Etape II Tour de Siak 2019

Chaidir Anwar Tanjung - detikSport
Foto: dok Tour de Siak Foto: dok Tour de Siak
Siak - Pebalap Indonesia Reno Yudho Sasongko keluar sebagai juara etape II balap sepeda jalan raya Tour de Siak, Jum'at, (20/9/2019). Abdul Gani finis ketiga.

Reno, yang tampil dengan bendera Timnas Indonesia, meraih podium pertama. Dia menghabiskan lintasan dari Siak-Bunga Raya-Sei Apit-Siak dengan jarak tempuh 80 kilometer atau 34 kilometer lebih pendek dari rencana semula, 114 kilometer karena asap, dengan catatan waktu satu jam 51 menit, 31 detik.

Sementara itu, Gani dari KFC Cycling Team, yang finis ketiga. Runner-up ditempati pebalap Malaysia, Aidan James, yang memperkuat Inc TSG Cycling Team.

Balapan etape pertama itu memang berjalan lebih pendek ketimbang jarak tempuh yang direncanakan. Asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) penyebabnya.


Direktur Pertandingan TdS 2019, Sondi Sampurno, mengatakan kendati jarak tempuh dipangkas, namun balapan berjalan lebih baik dari sehari sebelumnya. Sebab, kali ini pebalap tak perlu memakai masker seperti hari pertama balapan.

"Cuaca hari ini lebih baik dari kemarin. Oleh karena itu rencananya besok pada etape III, perlombaan dipercepat pagi hari saja," ujarnya.

Jalannya pertandingan balap sepeda pada etape kedua ini berjalan seru. Setelah start sampai di kilometer 40, semua pembalap tidak bisa keluar dari pleton. Semua pebalap memacu kayuh sepeda dengan jarak rapat dalam satu pleton.

Bahkan satu pembalap dari tim Vilovit Australia bernama Patrik terjatuh dan mengalami cedera dan tidak bisa menuntaskan pertandingan.

Lepas 40 kilometer, persaingan semakin ketat. Apalagi ketika delapan pembalap berhasil keluar dari pleton. Delapan pembalap yang berhasil keluar dari pleton terus mempercepat laju sepedanya dan saling salip. Jelang 20 kilometer menuju garis finish empat pembalap berhasil melaju berpisah dari rombongan. Jelang empat kilometer di garis finish. Reno, pebalap sepeda dari Timnas Indonesia berhasil melaju meninggalkan rombongan dan menuntaskan persaingan.

Memasuki etape III, Sabtu, (21/09/2019), para pebalap akan menjalani etape ketiga dengan rute Siak-Dayun-Buatan-Siak.


Balapan Tanpa Masker, Rider Indonesia Juara Etape II Tour de Siak 2019


Simak Video "Pembalap Indonesia Juarai Etape II Tour de Banyuwangi Ijen"
[Gambas:Video 20detik]
(cha/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com