detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 21 Sep 2019 03:12 WIB

Ratusan Pembalap Beradu Cepat di Trial Game Asphalt

Pradito Rida Pertana - detikSport
Halaman 1 dari 2
Trial Game Asphalt. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom) Trial Game Asphalt. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta - Ratusan pembalap bakal beradu kecepatan dalam seri ketiga Trial Game Asphalt di pelataran Stadion Mandala Krida, Kota Yogyakarta. Doni Tata siap habis-habisan.

Race Director Trial Game Asphalt, Jim Sudaryanto, menjelaskan, dalam jumlah kategori kelas dalam lomba ini ada empat, yakni kategori Free For All (FFA), Trail 150, Trail 175, dan Trail 250. Sedangkan kelas yang dilombakan ada 10 kelas.

"Ada 10 kelas (yang dilombakan pada seri ketiga Trial Game Asphalt), kalau putaran kemarin hanya 9 kelas. Tambahannya itu kelas FFA 450 master eksekutif," kata Jim saat ditemui di Stadion Mandala Krida, Kota Yogyakarta, Jumat (20/9/2019).

"Untuk kelas utamanya FFA 250cc , kelas trail 175 open dan trail 175 non pro. Terus yang tujuh lainnya sebagai kelas pendamping," imbuh Jim.

Adapun kelas utama yang dilombakan terdiri dari kelas FFA 250, Trail 175 Open, Trail 175 non Pro. Sedangkan tujuh kelas pendukung adalah kelas FFA 450, Trail 250 Ipen, Trail 175 Komunitas, Trail 150 Komunitas, Trail 175 Master, FFA 450 Master, dan FFA 450 master eksekutif.

"Dari 10 kelas yang dilombakan, ada 130 starter di putaran ini. Selain itu ada 1 pembalap asing yang ikut kelas FFA 450," katanya.

Trial Game Asphalt seri ketiga ini berlangsung selama dua hari, yakni mulai Jumat hingga Sabtu (21/9/2019). Menurutnya, untuk hari ini dilaksanakan free practice dan babak kualifikasi dan untuk race besok Sabtu sore.

Terkait pemilihan pelataran Stadion Mandala Krida sebagai sirkuit Trial Game Asphalt seri ketiga, Jim menjelaskan bahwa sirkuit di Mandala Krida lebih baik dari pada di Maguwoharjo.

"Kemarin di Maguwoharjo dan saat ini di Mandala Krida, ini bisa dikatakan sirkuit baru, tapi standarnya memang memenuhi. Dan ternyata treknya bagus, panjang lintasan bisa 900 meter lebih, dibanding Maguwoharjo kemarin hanya 850 meter. Jadi selisih sekitar 75 meter dan itu cukup lumayan untuk pembalap," Jim mengungkapkan.

"Selain itu trek street bisa lebih panjang dan lebih safety dibanding Maguwoharjo," sambung Jim.

Mario CSP dari 76 Rider selaku penyelenggara Trial Game Asphalt menyebut seri ketiga ini kans juara masih dipegang oleh rider-rider yang memuncaki tiga besar klasemen, yakni Farudilla Adam, Tommy Salim, dan Doni Tata.

Pebalap 76 Rider, yakni Gerry Salim terpaksa absen di seri ketiga ini karena sedang menyiapkan diri berlaga di Moto2 CEV di Jerez dan GP Moto2 di Aragon.


(ran/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com