detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 21 Sep 2019 13:25 WIB

Formula E di Jakarta, Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Monas Bisa Sepekan

Rizki Pratama - detikSport
Foto: Pradita Utama/detikSport Foto: Pradita Utama/detikSport
Jakarta - DKI Jakarta resmi menjadi tuan rumah kompetisi balap mobil listrik internasional Formula E pada Juni 2020. Direncanakan berlokasi di Monas, jalanan di area itu akan ditutup selama sepekan.

Jakarta resmi menjadi salah satu tuan rumah Formula E 2020. Gelaran adu cepat jet darat di ibu kota dihelat pada 6 Juni sebagai seri kesepuluh.

Kepastian itu diumumkan langsung di situs resmi Formula E, Jumat (20/9/2019) sore WIB. Dalam pengumuman itu, sebanyak 24 pebalap berlaga di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di konferensi pers Jakarta E-Prix, Monas, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019) menyebut balapan Formula E dilangsungkan di Monas. Nah, untuk menggelar balapan itu akan ada rekayasa lalu lintas berupa penutupan jalan. Tapi, dia belum dapat memastikan detail titik yang akan mengalami penutupan karena rancangan sirkuit belum rampung.


"Intinya akan dibuat di sini, penutupan diperkirakan satu minggu," kata Anies.

"Final (jalur) nya akan diumumkan nanti, apakah ada penutupan atau tidak, Insyaallah tidak akan mengganggu lalu lintas. Pertama, kami sesedikit mungkin mengganggu tanaman yang ada jadi tidak ada pemotongan pohon. Kedua, sesedikit mungkin mengubah rute lalu lintas. Ketiga, sesedikit mungkin mengeluarkan biaya tambahan pembangunan trak," kata dia.

Anies juga menjamin keamanan bagi peserta dan penonton saat balapan Formula E bergulir. Seperti apa?

"Kami harus bangun barikade sepanjang track, seperti pembatas jalur busway tentu dengan desain berbeda," Anies menambahkan.

"Pertama-tama, kami lapisi (jalanan) dengan bahan berupa plastik. Setelah itu, baru kami lapisi aspal. Setelah digunakan, kami angkat plastik sehingga permukaanya kembali seperti semula," Co Founder Formula E, Alberto Longo, menimpali.


Formula E di Jakarta, Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Monas Bisa Sepekan




Simak Video "Demi Jadi Tuan Rumah Formula E, Anies Gelontorkan USD 24,1 Juta "
[Gambas:Video 20detik]
(rip/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com