detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 26 Sep 2019 19:13 WIB

Juara Etape Kedua Tour de Banyuwangi Ijen, Aiman Persembahkan untuk Taufik

Ardian Fanani - detikSport
Aiman Cahyadi mempersembahkan kemenangan di etape II Tour de Banyuwangi Ijen untuk almarhum Mohammad Taufik. (Foto: Ardian Fanani/detikcom) Aiman Cahyadi mempersembahkan kemenangan di etape II Tour de Banyuwangi Ijen untuk almarhum Mohammad Taufik. (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Jakarta - Pebalap Indonesia, Aiman Cahyadi, menjadi pemenang Etape kedua Tour de Banyuwangi Ijen. Dia mempersembahkan kemenangan itu untuk almarhum Mohammad Taufik.

Ada haru dalam ajang lomba pada Stage kedua Internasional Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2019 hari ini. Aiman tak kuasa menahan tangis setelah memenangkan perlombaan ini.

Atlet berusia 25 tahun itu mempersembahkan kemenangannya untuk Taufik, pebalap sepeda dari BRCC yang meninggal dunia karena kecelakaan. Taufik adalah pembalap asli Banyuwangi yang wafat pada 5 September lalu.

Taufik meninggal dunia setelah tertabrak mobil saat latihan. Nyawanya tak tertolong setelah sepeda balapnya tertabrak mobil pickup yang melaju satu arah di depan Swalayan Mitra Rogojampi, 30 Agustus 2019. Korban sempat menjalani perawatan di RSUD Blambangan Banyuwangi dan RS dr Soetomo Surabaya.

"Saya sudah bernazar, jika memenangkan stage di Banyuwangi, saya akan mempersembahkan utnuk Mas Taufik. Alhamdulillah dengan niat baik, Tuhan melancarkan segalanya," ucap Aiman dengan terisak tangis, Kamis (26/9/2019).

Ini adalah kemenangan pertama Aiman sepanjang keikutsertannya di ITdBI. Demi mempersembahkan kemenangan ini, hadiah yang diterimanya setelah menjadi jawara di etape kedua ini akan diserahkan kepada keluarga mendiang Mohammad Taufik yang berada di Banyuwangi.




"Hadiah akan saya berikan untuk keluarga Mas Taufik. Semoga bermanfaat untuk sedikit banyak bagi keluarga," kata Aiman.

Sebelumnya juga digelar kegiatan Gowes Safety Riding di sepanjang jalan di Kabupaten Banyuwangi, untuk mengenang Mohammad Taufik, Minggu (8/9) lalu. Acara yang digelar di 9 kota ini sebagai bentuk sosialisasi keamanan pebalap sepeda saat latihan. Mohammad Taufik adalah peraih medali perunggu bagi Jawa Timur pada PON XIX dan the best Indonesian Riders ITdBI 2013 lalu.

Aiman Cahyadi pebalap asal Indonesia dari PGN Cycling Team berhasil memenangi balapan etape kedua Tour de Banyuwangi Ijen. Menempuh jarak 148, 2 Kilometer, dia mencatatkan waktu tercepat dengan 3 jam 34 menit dan 4 detik. Dia unggul atas pebalap Grospe Ismael Junior dari tim Go For Gold Philipina. Tempat ketiga direbut oleh Raileanu Cristian dari Tim Sapura, Malaysia.

Sementara pebalap Terengganu Inc. TSG Cycling Team, Malaysia Batmunkh Maral-Erdene sebagai pimpinan lomba harus tercecer finish di urutan ke 16. Tapi, pebalap asal Mongolia itu masih berhak mengenakan green jersey sebagai Best Sprinter di etape ini.

Selamat Juangga dari KFC Cycling Team masih mampu mempertahankan Red and white jersey sebagai pebalap Indonesia terbaik. Meski, di etape ini dia harus puas finish di urutan ke 25 dari 89 pebalap.

Begitu juga dengan Marcos Garcia Fernandez dari Kinan Cycling Team yang juga berhak mengenakan Polkadot Jersey dan dinobatkan sebagai raja tanjakan.



Simak Video "Kemunculan Sumber Gas Gegerkan Warga Glagah Lamongan"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com