detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 29 Sep 2019 04:47 WIB

Pujian untuk Tour de Banyuwangi Ijen: Makin Berkelas Dunia

Ardian Fanani - detikSport
Tour de Banyuwangi Ijen mendapatkan pujian dari juri dan para pebalap. (Foto: Ardian Fanani/detikSport) Tour de Banyuwangi Ijen mendapatkan pujian dari juri dan para pebalap. (Foto: Ardian Fanani/detikSport)
Jakarta - Ajang International Tour de Banyuwangi Ijen 2019 tuntas seiring berakhirnya etape keempat di kaki Gunung Ijen, Banyuwangi. Ajang ini kembali menuai pujian besar.

Pujian-pujian itu hadir dari commissaire (juri) dari Federasi Sepeda Dunia (UCI). Salah satunya diungkapkan Chief Commissaire Peter Tomlinson asal Australia, yang sudah dua kali terlibat di ITdBI.

Peter senang melihat ajang ini digarap dengan rapi dan diikuti pebalap-pebalap dari berbagai benua.

"Ini lomba yang sangat wonderful. Menurut saya, event ini masuk sepuluh terbaik dunia, sudah semakin memenuhi standar terbaik dunia," kata Tomlinson saat menyampaikan kesannya di sela awarding pada para pemenang ITdBI, Sabtu (28/9/2019).


ITdBI sendiri merupakan agenda tahunan balap sepeda 2.2 yang digelar Banyuwangi sejak 2012. Ajang ini telah masuk agenda resmi kompetisi UCI, dengan tahun ini diikuti oleh 19 tim yang diperkuat para pebalap dari 23 negara.

Karen O'Challaghan, commissaire asal Australia yang baru pertama kali ke Banyuwangi, terkesan dengan animo masyarakat terhadap perlombaan ini.

"Anak-anak begitu bersemangat dan ceria menyambut kehadiran kami. Juga warga-warga lainnya. Hal ini jarang ditemui di balapan sepeda di negara lainnya. Tidak akan bosan datang ke Banyuwangi," kata Karen.

Para pebalap juga membawa pulang kesan positif dari ajang ini. Mulai dari penyelenggaraan, keramahan masyarakat, dan pemandangan di rute balapan.


Selain dari para commissaire, para pebalap yang bertarung di ITdBI juga mengacungkan jempol pada penyelenggaraannya. Seperti yang diungkapkan Robbie Hucker Pebalap Ukyo Jepang peraih Yellow Jersyey ITDBI.

"Banyuwangi adalah tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi, termasuk ikut balap sepeda di sini. Orang-orangnya di sini menyenangkan. Race dirancang dan diorganisasi dengan baik. Semua yang ada di sini memberikan semangat bagi kami selama bertanding," ujar Robbie Hucker, Pebalap Ukyo Jepang peraih Yellow Jersyey ITDBI.

"Meskipun rute Ijen ini berat, saya tetap ingin bertanding kembali di sini," kata Kakeru Omai, pebalap tim Aisan Jepang yang memenangkan etape ketiga.


Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengaku cukup puas dengan penyelenggaraan ITdBI tahun ini. Ia berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dan membantu memuluskan acara.

"Ini adalah sukses bagi semua warga. Pemkab, TNI, Polri, tokoh masyarakat dan semua warga bekerja sinergis untuk membuat kompetisi ini berjalan dengan baik. Ini kebanggaan bagi seluruh rakyat Banyuwangi, sekaligus suntikan semangat untuk terus menggelar event yang lebih berkualitas ke depan," kata Anas.


Pujian untuk Tour de Banyuwangi Ijen: Makin Berkelas Dunia


Simak Video "25 Negara Siap Ramaikan Tour de Banyuwangi"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com