detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 16 Okt 2019 21:14 WIB

Proliga 2020: Minim Peserta (Lagi), 6 Seri, Start di Pekanbaru

Mercy Raya - detikSport
Jakarta Popsivo juara Proliga 2019 (dok. Proliga) Jakarta Popsivo juara Proliga 2019 (dok. Proliga)
Jakarta - Kompetisi bola voli Indonesia Proliga kembali digelar tahun depan. Ajang itu digulirkan dalam enam seri, dimulai 24 Januari di Pekanbaru.

Proliga 2020 cuma diikuti lima tim putri dan enam tim putra. Mereka akan beradu kekuatan di delapan kota mulai 24 Januari sampai 19 April 2020.

Adapun enam tim putra yaitu Jakarta Pertamina Energi, Surabaya Bhayangkara Samator, Jakarta BNI 46, Palembang Bank Sumselbabel, Jakarta Garuda, dan Lamongan Sadang MHS. Sementara itu, tim putri diikuti Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI 46, Bandung Bank BJB Pakuan, Jakarta PGN Popsivo Polwan, dan Gresik Petrokimia Bank Jatim.

Jumlah itu tak lebih banyak ketimbang musim 2019. Ditinggal dua klub, termasuk putri Jakarta PLN Elektrik, Proliga kedatangan dua klub baru. padahal, dengan sistem kompetisi penuh dan tim harus berebut tempat di final four, kompetisi bakal lebih kompetitif dengan jumlah klub lebih dari delapan.


"Jadi jumlahnya tetap, hanya saja ada dua tim yang baru, yaitu Lamongan Sadang MHS, mereka menggantikan Sidoarjo Aneka Gas Industri putra. Untuk putri, Gresik Petrokimia Bank Jatim menggantikan Jakarta Elektrik PLN yang sudah tak lagi ikut serta," kata Direktur Proliga, Hanny Sukartty, dalam jumpa pers di Kantor PP PBVSI, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (16/10/2019).

"Sebenarnya, kami sayangkan karena secara statistik yang Elektrik PLN yang paling berhasil dan sudah enam kali juara. Ya, mungkin ada perubahan manajemen atau apa," ujar dia.

"Ya, semoga bisa kembali. Sebab, Gresik saja bisa balik. Tetapi, kami optimistis Proliga sekarang akan sukses meski dengan jumlah tim yang sama," Hanny menambahkan.

Selain ada pergantian tim dari kelompok putra maupun putri, Proliga juga menawarkan kota baru yang akan menjadi tuan rumah kompetisi voli nasional itu yaitu Purwokerto,

"Purwokerto dan akan menjadi kandangnya Jakarta Pertamina Energi. Tempatnya juga cukup menjanjikan serta fasilitasnya bagus," kata Hanny.

"Begitu pula dengan Yogyakarta kami akan menggelar laga sebanyak dua kali di sana. Tetapi beda GOR, yakni di UNY dan Amongrogo," katanya.


Berikut jadwal Proliga 2020:

Putaran I
24-26 Januari 2020 Surabaya Bhayangkara Samator di Pekan Baru
31 Januari - 2 Februari Jakarta Pertamina Energi di Purwokerto
7-9 Februari Palembang Bank Sumselbabel

Putaran II
28 Februari-1 Maret Gresik Petrokimia Bank Jatim di Gresik
6-8 Maret Bandung BJB Pakuan di Bandung
13-15 Maret Jakarta BNI di Yogyakarta

Putaran final
Final four I 3-4 April di Kediri
Final four II 10-11 April di Solo
Grand final 18-19 April di Yogyakarta



Simak Video "Baru Menikah, Atlet Voli Cantik Pungky Tunda Bulan Madu"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com