detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 20 Okt 2019 08:01 WIB

Detik-detik Aries Susanti Pecahkan Rekor Dunia Panjat Tebing

Yanu Arifin - detikSport
Aries Susanti Rahayu memecahkan rekor dunia panjat tebing di nomor speed putri di Xiamen, China. (Dok. Foto: Rachman Haryanto/detikSport) Aries Susanti Rahayu memecahkan rekor dunia panjat tebing di nomor speed putri di Xiamen, China. (Dok. Foto: Rachman Haryanto/detikSport)
Xiamen - Aries Susanti Rahayu memecahkan rekor dunia panjat tebing di ajang IFSC World Cup Xiamen 2019. Berikut momen pemanjat yang dijuluki Spiderwoman meraihnya.

Dalam perlombaan yang digelar di Xiamen TeFang Portman Seven Stars Bay Hotel & Resort, Xiamen, China, Sabtu (19/10/2019), Aries beraducepat di nomor speed putri. Ia pun berhasil melaju ke final.

Di final, Aries mengalahkan pemanjat China, YiLing Song, dengan catatan waktu 6.995 detik. Catatan waktu itu memecahkan rekor dunia, yang sebelumnya dipegang Song dengan 7.101 detik.




Dalam video yang diunggah Federasi Panjat Tebing Indonesia, terlihat Aries sangat mulus di final nomor Speed.

Aries bisa merayap dengan cepat menaiki dinding panjat tebing, sementara Song terlihat sempat membuat kesalahan di awal-awal pijakannya. Aries pun tak terbendung untuk sampai ke puncak, dan menekan bel waktu di bawah kurang tujuh detik.


[Gambas:Instagram]



Bagi Aries, ini menjadi medali emas pertama di kejuaraan dunia 2019. Sebelumnya, perempuan 24 tahun itu cuma mampu meraih perak di Kejuaraan Dunia di Wujiang, China, Mei lalu.

Aries kini sudah punya empat medali emas kejuaraan dunia panjat tebing. Tiga di antaranya diraih pada 2018.

(yna/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com