detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 23 Okt 2019 19:18 WIB

Biasa Kerja di Bawah Tekanan, Zainudin Amali Pede Selesaikan Tugas di Kemenpora

Mercy Raya - detikSport
Foto: Zainudin Amali (Mochammad Zhacky/detikcom)
Jakarta - Zainudin Amali optimistis bisa menyelesaikan tugas yang diberikan Presiden Joko Widodo kepadanya di Kemenpora. Dia terbiasa menjalankan tugas di bawah tekanan.

Amali dipercaya sebagai menpora oleh Presiden Jokowi. Politisi Golkar itu dilantik di Istana Negara, Rabu (23/10/2019) bersama dengan menteri-menteri lainnya.

Dari nama-nama menteri yang dipilih Jokowi, Amali termasuk yang cukup mengejutkan. Pemilihannya sekaligus menepis kabar Erick Thohir yang bakal menjadi menpora.


"Saya itu sebenarnya sudah mau siap-siap mau hadir di rapat paripurna. Kan kemarin DPR ada paripurna, saya salat zuhur, lalu makan siang, tiba-tiba ada telepon dari Istana diminta ke sana," kata Amali membuka cerita dirinya dipanggil Presiden kepada pewarta di Kantor Kemenpora, Senayan.

Pria asal Gorontalo itu tak langsung bertolak ke Istana Negara. Dia sempat meminta izin untuk makan lebih dulu. Kemudian jalan.

"Bukan Pak Jokowi yang telepon? Stafnya. Ya kemudian saya meminta izin, 'Boleh tidak saya makan dulu. Ya, sudah silakan'." katanya.

Setibanya di istana, Amali terkejut karena sudah banyak orang yang mengantre, bahkan sampai terkantuk-kantuk karena menunggu giliran.

"Jadi ada yang ditanya panjang lebar, ada yang sebentar. Nah, saya termasuk orang yang ditanya sebentar karena beliau sangat paham problem olahraga kita. Ya, ada poin-poin yang secara internal akan dibicarakan dengan teman-teman," dia menjelaskan.

"Secara spesifik beliau bilang, Bapak bisa enggak kira-kira kalimat beliau, masa sih 260 juta kok enggak bisa? (prestasi sepakbola). Saya bilang semoga saya bisa, berusaha, saya ikhtiar, bukan saya bilang saya bisa. Saya bilang bisa mencoba, tata kelola dia juga sampaikan," kataya.

Usai wawancara, Amali masih belum mengetahui apakah langsung diminta menjadi Menpora. Namun, apa yang sudah diputuskan Jokowi, dia yakin sudah melalui tahapan seleksi kemampuan masing-masing calon menteri.

"Ya, enggak saya tidak tahu (bakal jadi menpora). Semua orang ke sana enggak tahu apa ini ya. Tapi beliau sudah memantau apa kemampuan dari masing-masing yang ditugaskan kira-kira di bidang apa," ujar pria berusia 57 tahun ini.

"Tidak ada pertanyaan soal sepakbola tapi beliau lebih paham soal itu. Tinggal beri arahan, ini kerjakan, kerjakan, kerjakan," dia menambahkan.

Kini, Amali resmi menjabat sebagai menpora. Dia ditunggu tugas yang tak ringan.

"Enggak lah. Saya empat periode di DPR terbiasa dengan pekerjaan yang luar biasa tekanannya dan pekerjaan dimanapun saya kira asal kita punya skill manajemen dan leadership. Kuncinya itu dan membangun kekompakan tim," ujar pria yang pernah menjadi anggota DPR sebanyak empat kali ini.



Simak Video "Indonesia Bidik Wisata Olahraga Sebagai Sumber Devisa Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com