detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 01 Nov 2019 16:20 WIB

Banyuwangi Tuan Rumah Liga Surfing Dunia 2020

Ardian Fanani - detikSport
Foto: Robertus Pudyanto/Getty Images Foto: Robertus Pudyanto/Getty Images
Banyuwangi - Kabupaten Banyuwangi dipercaya sebagai tuan rumah seri ketiga World Surf League (WSL) Championship Tour 2020. ajang itu diramaikan 54 peselancar terbaik dunia.

WSL sero ketiga itu dilangsungkan di Pantai Plengkung (G-Land), Banyuwangi, 4-14 Juni 2020. Sepanjang 2020, WSL menggelar 11 seri.

"Kami sudah bertemu tim WSL Asia. Rapat WSL di AS memutuskan satu dari 11 seri kompetisi selancar terbaik dunia 2020 akan digelar di Banyuwangi. Ini kalau di tenis ya semacam grand slam-nya yang hanya empat event dalam setahun. Jadi sangat membanggakan bagi Banyuwangi. Kabar itu disampaikan oleh Manajer WSL Asia Steven Roberston," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Jumat (1/11/2019).


WSL Championship Tour adalah liga selancar paling bergengsi di dunia. Tur ini berisi 11 ajang selancar yang biasanya dimulai sejak April-Desember setiap tahunnya di berbagai pantai di dunia. Tahun ini, WSL Championship Tour antara lain digelar di Australia, Amerika Serikat, Brazil, Hawaii, Tahiti, Afrika Selatan, Portugal, hingga Prancis.

"Banyak daerah di belahan dunia lain yang sangat berminat menjadi tuan rumah. Kami bersyukur, justru Banyuwangi dipilih WSL. Saya akan sampaikan kabar baik ini ke Gubernur Jatim Ibu Khofifah dan pemerintah pusat agar bisa dimanfaatkan sebagai momen menggaungkan pariwisata Banyuwangi, Jatim, dan Indonesia," kata Anas.

Anas menambahkan, momen WSL Championship Tour sangat sayang untuk dilewatkan karena event ini menduduki peringkat atas liga olahraga yang digemari penduduk dunia setelah sepak bola, basket, dan football.

"Social engagement ajang ini sangat tinggi. Bahkan, percakapan tentang WSL Championship Tour di dunia maya selalu mampu mengalahkan MotoGP yang hanya menduduki peringkat 9. Penyelenggaraan WSL akan diliput belasan TV asing yang coverage-nya bisa mencapai 643 juta penonton," ujar Anas mengutip data WSL.
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Barang Impor Ilegal Miliaran Rupiah di Surabaya Dimusnahkan"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com