detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 01 Nov 2019 19:02 WIB

Spesial! Tour de Singkarak 2019 dari Padang Sampai ke Jambi

Jeka Kampai - detikSport
Foto: Dokumentasi Media TdS Foto: Dokumentasi Media TdS
Padang - Tour de Singkarak (TdS) 2019 menjadi spesial. Ajang balap sepeda itu menjadi langkah awal menghubungkan Pulau Sumatera dengan melebarkan rute hingga ke Provinsi Jambi.

TdS merupakan ajang balap sepeda di Sumatera Barat. Tapi, tahun ini, TdS melewati dua daerah di Jambi, malah kebagian dua etape, yakni Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

Kerinci masuk rangkaian etape ketujuh, yang berlangsung pada Jumat (8/11/2019). Sementara Sungai Penuh menjadi tuan rumah etape 8, Sabtu (9/11/2019)

"Tahun ini, kami menghubungkan Sumatera. Provinsi Jambi ikut menjadi tuan rumah. Ke depan, bisa saja bertambah, karena Pekanbaru dan Muko-Muko juga minat," kata Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, dalam konferensi pers di Padang, Jumat (1/11/2019).


"Sumbar aman (untuk daerah lain andai ingin dilewati TdS), pertimbangannya, apakah transport memadai. Yang penting namanya tetap TdS dan harus melewati Danau Singkarak. Nanti UCI yang akan menentukan. Kalau Pekanbaru dan Muko-Muko sudah lama minat. Tahun ini, baru Jambi yang ikut serta. Kita harapkan tahun-tahun mendatang akan bertambah," ujar Nasrul.

TdS kali ini diramaikan 19 tim dengan enam di antaranya merupakan tim lokal. Kontestan ajang balap sepeda 2.2 itu harus menempuh sembilan etape dalam sembilan hari dengan jarak total 1.378,8 km. Start dimulai dari Padang dan berakhir di Padang lagi.

"Artinya, berjuang tidak saja pembalap bagus menanjak, tapi juga jago di datar," kata Chief Commissaire UCI, Jinshan Zhao,



Simak Video "Tanjakan dan Kerikil Jadi Tantangan Peserta Pro MTB Race 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com