detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 10 Nov 2019 17:26 WIB

Pebalap Australia Jesse Ewart Juara Umum Tour de Singkarak

Jeka Kampai - detikSport
Foto: ist. Foto: ist.
Jakarta - Pebalap asal Australia yang memperkuat Sapura Cycling Team (Malaysia), Jesse Ewart, menjadi juara umum Tour de Singkarak 2019. Ali Sahbana juara di kategori pebalap nasional.

Sepanjang balapan yang berlangsung sejak Sabtu (2/11/2019) lalu, Ewart tampil konsisten dan berhasil menjaga catatan waktu, sehingga bisa mempertahankan Yellow Jersey sebagai tanda pebalap terbaik di klasemen umum. Total catatan waktu yang dibukukan Ewart hingga etape terakhir adalah 34 jam 34 menit dan dua detik.

Sementara itu, peringkat kedua menjadi milik rekan setim Ewart, yakni Cristian Raileanu. Dia membukukan waktu 34 jam 35 menit 45 detik.

Pada urutan ketiga duduk pebalap Omidnia Marshhad Team, Golakhour Mirsamad Pourseyedi. Golakhour, yang pada etape terakhir ini finis di urutan kesepuluh, membukukan total catatan waktu 34 jam 37 menit 59 detik.


Jessey Ewart dan Jessey Cristian Raileanu pun mengantarkan Sapura Cycling Team Malaysia keluar sebagai juara umum dengan total waktu 103 jam 56 menit 41 detik untuk kategori tim. Disusul PGN Road Cycling Team di urutan kedua dengan total waktu 104 jam dan 32 detik sedangkan Go For Gold Philippines di peringkat ketiga dengan raihan waktu 104 jam 5 menit 43 detik.

Dalam persaingan pebalap lokal, Agung Ali Sahbana dari KFC Cycling Team membukukan wkatu tercepat. Dia menempati urutan kedelapan papan klasemen umum dan berjarak tujuh menit dari Ewart.

Ali Sahbana diikuti oleh Ahmad Yoga Ilham Firdaus (PGN Road Cycling Team) dan Abdul Soleh (KFC Cycling).

Tour de Singkarak yang berakhir Minggu (10/11/2019) di Danau Cimpago Kawasan Pantai Padang. Etape terakhir dimenangkan oleh Zamawi Azman dari Sapura Cycling Team Malaysia. Etape ke-9 yang menjadi pamungkas, menempuh rute sepanjang 107,3 Kilometer dari Pantai Carocok Painan Kabupaten Pesisir Selatan dan berakhir di Danau Cimpago Kawasan Pantai Padang.

Secara total, Tour de Singkarak 2019 menempuh lintasan sepanjang 1.300 kilometer lebih yang dibagi dalam sembilan etape dengan total hadiah sebesar Rp 2.3 miliar. Tahun ini balapan bukan hanya di Sumatera Barat saja, tapi melibatkan Propinsi Jambi.




Simak Video "Tanjakan dan Kerikil Jadi Tantangan Peserta Pro MTB Race 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com