detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 12 Nov 2019 00:15 WIB

Antisipasi Ombak Besar, Rowing Akan Latihan di Ancol

Mercy Raya - detikSport
Rowing akan latihan di Ancol sebelum terjun ke SEA Games 2019 (ANTARA FOTO/INASGOC/Nova Wahyudi/nym/18) Rowing akan latihan di Ancol sebelum terjun ke SEA Games 2019 (ANTARA FOTO/INASGOC/Nova Wahyudi/nym/18)
Jakarta - Pelatnas rowing berencana mematangkan persiapan atlet di pantai Ancol, Jakarta Utara. Mereka berlatih untuk mengantisipasi gelombang tinggi.

Rowing, di SEA Games 2019, akan digelar di venue perairan laut Kamana Sanctuary, Triboa Bay, Subic, dan finis di pantai Dungaree, mulai 4 November. Ini menjadi kali pertama rowing diperlombakan di perairan laut.

Pelatih pelatnas rowing, Muhammad Hadris, mengatakan perlombaan di air laut cukup berisiko. Sebab, perahu terbalik jika digoncang ombak besar.

Untuk itu, selain latihan basu ball (bola keseimbangan) yang dilakukan selama dua pekan terakhir, Hadris juga berencana memboyong timnya ke perairan laut di Jakarta. Mereka akan bertolak sepekan sebelum ke SEA Games 30 November.






"Kemungkinan pantai Ancol karena di sana gelombang ombaknya besar. Jadi latihan di sana. Kami sudah bicara dengan PODSI DKI," kata Hadris usai latihan di Waduk Jatiluhur, Senin (11/11/2019).

Langkah ini juga mengantisipasi waktu adaptasi di Filipina yang sedikit. Meski begitu, menurut Hadris, situasi ini bisa jadi menguntungkan buat timnas Indonesia.

"Di Filipina itu hanya mendapat kesempatan tiga hari untuk adaptasi. Jadi 30 November sampai pasang alat perahu, kemudian tanggal 1-3 November bisa mulai latihan sebelum lomba," dia menjelaskan.

"Di luar catatan waktu bisa lebih cepat bisa lambat, karena kalau ada gelombang bisa saja (perahu) berhenti atau terbalik. Tetapi bisa jadi peluang (besar) karena didorong arus (jadi perahu) bisa cepat."






Simak Video "Intip Persiapan Rowing Jelang SEA Games 2019 di Filipina"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com