detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 14 Nov 2019 12:16 WIB

Kemenpora Terkejut Kontingen Indonesia ke SEA Games Mendadak Bengkak

Mercy Raya - detikSport
Ilustrasi atlet ke SEA Games 2019 Filipina. (Rifkianto Nugroho/detikSport) Ilustrasi atlet ke SEA Games 2019 Filipina. (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta - Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, terkejut dengan laporan jumlah kontingen ke SEA Games 2019 Filipina dari Chief de Mission Indonesia (CdM) Harry Warganegara. Jumlah Angka membengkak dari laporan awal ke Presiden RI.

Jumlah atlet dan ofisial yang membesar itu muncul dalam Rapat Dengar Pendapat antara Kemenpora, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dengan Komisi X DPR di Gedung MPR-DPR, Senayan, Rabu (13/11/2019). Rapat itu membahas persiapan Indonesia ke SEA Games 2019 Filipina dan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua.

Dalam RDP itu, CdM melaporkan kontingen Indonesia berjumlah 1.349. Jumlah itu terdiri dari 837 atlet, 52 manager, 192 ofisial, 69 ofisial mandiri, 31 extra ofisial, dan 168 orang headquarter.

Jumlah itu pun dinilai tak sesuai dengan laporan awal CdM kepada Menpora Zainudin Amali, juga tertuang dalam surat laporan kepada Presiden RI Joko Widodo. Dalam laporan kepada Presiden Jokowi jumlah kontingen tak sebanyak yang disebutkan dalam RDP itu.

Ya, pada 4 November 2019, Amali mengirimkan surat kepada Presiden dengan Nomor Surat ; S.11.4.1/MENPORA/XI/2019 tentang Laporan Persiapan Keikutsertaan Kontingen Indonesia dalam SEA Games 2019 di Filipina. Pada poin pertama dituliskan jika kontingen Indonesia terdiri dari 780 atlet, 239 pelatih, dan 257 ofisial dan akan mengikuti 49 cabang olahraga.


"Kami cukup terkejut dengan pemaparan CdM tadi, untuk itu kami akan memanggilnya besok. Sebab ada selisih dari yang kami terima laporannya dengan di Rapat Dengar Pendapat dengan DPR tadi siang," kata Gatot.

Gatot juga sekaligus menegaskan jika Kemenpora tak akan bertanggung jawab terkait kekurangan dana yang terjadi. "Nggak. Kami hanya tanggung jawab yang dilaporkan pada Presiden," ujarnya.

Lagipula, kata Gatot, anggaran untuk kontingen Indonesia sudah jelas yaitu Rp 59.698.179.000. Jumlah itu mengakomodir kontingen Indonesia 1.276. Sebelumnya, CdM dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mengajukan dana kontingen Indonesia Rp 64 miliar, namun anggaran yang disediakan pemerintah senilai Rp 47 miliar.

"Jadi. jumlah itu sudah kami efisiensi dan pihak KOI sudah oke karena dengan dana Rp 59,6 miliar itu KOI sudah happy dengan hasil ini," ujar dia.





Simak Video " Atletik SEA Games Penuhi Target, PB PASI: Perlu Ada yang Diperbaiki"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com