detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 25 Nov 2019 17:17 WIB

Filipina Gagap Sambut SEA Games 2019, CdM: Jangan Cuma Protes

Mercy Raya - detikSport
Foto: Tripa Ramadhan/detikSport
Jakarta - Chief de Mission (CdM) kontingen Indonesia ke SEA Games 2019 Filipina, Harry Warganegara, memaklumi Filipina yang belum sepenuhnya siap menjamu negara-negara peserta. Indonesia tak akan protes.

SEA Games 2019 Filipina dimulai sepekan lagi, bahkan sepakbola kickoff mulai hari ini. Tapi, tuan rumah belum menunjukkan diri sebagai tuan rumah pesta olahraga se-Asia Tenggara itu.

Sejumlah kontingen menuturkan keluhan setelah tiba di Filipina. Di antaranya, ketersediaan transportasi, akreditasi yang belum tersedia, hingga venue yang yang belum dirapikan. Sebagai contoh, ruang konferensi pers dan ruang ganti di Stadion Rizal Memorial, sebagai venue sepakbola belum siap pakai.


Harry menilai itu masih dalam batas kewajaran. Sebab, SEA Games belum dibuka secara resmi, beda perkara jika situasi serupa muncul setelah opening ceremony pada 30 November 2019.

"Kendala di awal itu biasa. Kita juga tahu rasanya (karena pernah menjadi tuan rumah Asian Games 2018) makanya kami punya tim advance untuk kebutuhan kita di sana," kata Harry kepada pewarta, Senin (25/11/2019).

"Jadi buat saya ini wajar. pembukaan saja belum, jadi mereka juga ibaratnya belum mulai," ujarnya.

Harry menyebut tim tersebut menyiapkan segala bidang di Filipina. Mulai dari medis, tim pemulihan, konsumsi, dan media. Harry mengimbau agar tim Indonesia tak melulu protes, namun menyodorkan saran kepada tuan rumah.

"Tim Indonesia harus menjadi bagian dari solusi, Tidak hanya protes, tapi kami siap menyesuaikan (diri)," Harry menegaskan.



Simak Video " Sterling Kode ke Real Madrid, Guardiola Santai"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com