detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 26 Nov 2019 10:53 WIB

Laporan dari Filipina

SEA Games Semrawut, Jurnalis Filipina Minta Maaf

Randy Prasatya - detikSport
Suasana di pengambilan akreditasi peliputan (Randy Prasatya/detikSport) Suasana di pengambilan akreditasi peliputan (Randy Prasatya/detikSport)
Manila - Banyak yang mengeluhkan persiapan panitia SEA Games 2019 Filipina yang terkesan semrawut. detikcom merasakan sendiri kekacauan itu setibanya di Manila.

Ramai di Twitter hastag #SEAGames2019Fail dalam beberapa jam terakhir. Netizen mengritik penyelenggaraan SEA Games 2019 yang semrawut, berantakan, dan tak terorganisir.

Beberapa media Asia Tenggara yang datang langsung ke Filipina mengeluhkan minimnya pelayanan dan sarana pendukung. Bukan cuma terkait kerja wartawan, tapi juga untuk kesiapan pertandingan.

CNN Filipina memberitakan pertandingan pertama cabang sepakbola harus berlangsung tanpa papan skor. Stadion tempat digelarnya pertandingan juga terlihat tak 100% siap, di mana pengerjaan masih terlihat di sana-sini. Kabel-kabel masih terlihat berserakan di salah satu sudut Rizal Memorial Stadium.



Masalah lain yang ditemui oleh banyak wartawan, termasuk detikcom, adalah sulitnya mengurus akreditasi. Padahal, akreditasi untuk media peliput sudah mulai dikumpulkan Panitia Penyelenggara SEA Games 2019 Filipina (PHISGOC) sejak Agustus 2019. Banyak media asing yang sudah menginput data justru identitasnya tak tercetak.

Pihak PHISGOC tak mampu menjelaskan alasan terkait sulitnya media menerima identitas liputan. Para pewarta dibuat menunggu berjam-jam tanpa kejelasan.

(Lanjut Halaman berikutnya: Jurnalis Filipina Minta Maaf, Kekacauan Sudah Biasa Terjadi)

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com