detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 26 Nov 2019 11:56 WIB

Tim Tamu Sambat Minim Makanan Halal di SEA Games, Tuan Rumah Malu

Femi Diah - detikSport
Foto: dok. 2019seagames.com
Jakarta - Keluhan kembali diutarakan oleh salah satu kontingen SEA Games 2019 Filipina kepada tuan rumah. Chief de Mission Singapura, Juliana Seow, sambat minimnya kualitas makanan.

Keluhan itu disampaikan Singapura secara tertulis pada tanggal 24 November yang dikirimkan kepada Ramon Suzara, direktur operasional SEA Games 2019 Filipina. Mereka menyebut dua masalah yang membutuhkan perhatian segera dan mendesak.

Dalam surat itu Seow mengutarakan bahwa tim sepakbola Singapura, yang didominasi atlet muslim, tidak mendapatkan makanan halal yang cukup di Hotel Century Park, tempat mereka menginap. Sudah begitu, lanjut dia, variasi makanan terbatas.

"Dalam salah satu makan malam, pilihan makanan halal hanyalah nasi putih, roti, lasagna. Dan, dengan tim lain yang juga membutuhkan makanan halal, porsinya tidak mencukupi," ujar Seow seperti dikutip Coconuts dari hasil wawancara The Straits Times.

"Kami melakukan beberapa penyesuaian dengan memasukkan suplemen makanan energi yang kami bawa ke dalam makanan pemain agar kondisi fisik mereka tidak terpengaruh," mantan atlet anggar itu menjelaskan.


Tak hanya pengalaman kurang sip saat makan malam, Singapura juga mengalami hal kurang mengenakkan saat makan siang. Mereka kehabisan makanan di salah satu makan siang.

Pengalaman lain terkait makan di SEA Games juga dikemukakan pelatih timnas sepakbola putri Filipina, Let Dimzon. Dia malu dengan makanan yang disajikan karena kualitas makanan tak memenuhi standar atlet. Jumlah dan variasinya juga minim. Di meja makan hanya tersedia nasi, kikiam (makanan lokal), sosis, dan sayuran.

"Yang memalukan karena saya pernah berada di ajang yang berbeda dan kami belum pernah mengalami situasi semacam ini dari turnamen lain. Dan kini saya sebagai tuan rumah, itu sangat tidak terorganisasi, kami merasa sangat buruk," ujar dia.

Kesaksian lain diutarakan oleh pelatih timnas putri Malaysia, Joceph Jacob. Dia juga terkejut dengan menu makan yang disediakan.

"Hari ini, sarapan saya dan hampir semua pemain hanya roti dan telur. Kami sedang berada dalam turnamen besar, saya berharap mereka segera memperbaikinya," kata dia.



Simak Video " Hore! Jokowi Bakal Kasih Bonus Buat Atlet SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com