detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 27 Nov 2019 16:40 WIB

SEA Games 2019 Semrawut, Bagus: yang Penting Trek Balap Sepeda Siap Pakai

Mercy Raya - detikSport
I Gusti Bagus Saputra, atlet nasional BMX (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta - Pebalap sepeda BMX putra, I Gusti Bagus Saputra, mengenyampingkan kabar SEA Games 2019 Filipina yang semrawut. Dia memilih berfokus kepada balapan.

SEA Games 2019 Filipina diwarnai sejumlah masalah. Dari mulai minimnya transportasi, akreditasi yang belum beres, hingga venue yang belum rapi. Sampai-sampai muncul (tagar) #SEAGames2019fail untuk menyuarakan kondisi tuan rumah yang tak siap.

Kondisi itu turut dikhawatirkan oleh cabang olahraga lain yang belum terbang ke Filipina. Apalagi, mereka bakal berpencar di kota-kota berbeda selama SEA Games.

Bagus Saputra tak mempersoalkan masalah-masalah itu. Sebab, yang utama adalah bisa tampil karena trek balap sepeda BMX sudah rampung dibangun.


"Saya lihat dari segi trek sudah jadi. Saya sudah mendapat foto-fotonya tapi tribune penonton belum jadi. Tetapi saya tak urus itu yang penting treknya sudah jadi. Itu saja sih cukup," kata Bagus di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (26/11/2019).

Bagus memaklumi kondisi tuan rumah karena tak ada penyelenggaraan yang sempurna di multievent olahraga manapun.

"Tak ada sih (khawatir). Sudah biasa. Makanya, kalau saya sih paling penting tak mengganggu trek, fasilitas trek bagus dan sudah jadi. It's okay-lah," ujarnya.

BMX track akan digelar di Tagaytay City Centrum, mulai 9 sampai 10 Desember. Bagus dkk akan terbang ke Filipina dalam dua kloter, BMX putra pada 6 Desember, sedangkan BMX freestyle bertolak 8 Desember. Jelang laga mereka hanya mendapat waktu dua jam untuk menjalani latihan di venue pertandingan.

Bagus menyadari kondisi pemanasan itu tak ideal apalagi jumping antara satu dan lainnya rapat.

"Karena sudah latihan juga di trek-trek sebelumnya di Banyuwangi dan Yogyakarta, itu kan teknikal banget jadi jumping-annya rapat-rapat. Semoga dalam waktu dua jam bisa langsung menguasai lah," Bagus menjelaskan.

"Saya sudah antisipasi. Trek juga sebenarnya tak beda jauh dengan di Jakarta. Tapi trek itu banyak pedalingnya dan mereka buat pendek-pendek. Jadi sebenarnya hampir sama," ujarnya.

"Makanya selama latihan di Jakarta kami berusaha untuk menguasainya langsung 30 menit. Ini cara kami menguasai medan," dia menambahkan.



SEA Games 2019 Semrawut, Bagus: yang Penting Trek Balap Sepeda Siap Pakai


Simak Video "Lomba Balap Sepeda Kuno, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com