detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 27 Nov 2019 18:39 WIB

Ke 841 Atlet SEA Games RI, Menpora: 260 Juta Rakyat Tunggu Medali Emas

Faidah Umu Sofuroh - detikSport
Foto: Kemenpora Foto: Kemenpora
Jakarta -

Sebanyak 841 atlet yang akan berlaga di SEA Games ke-30 Tahun 2019 di Filipina dikukuhkan oleh Menpora Zainudin Amali, di Hall Basket, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Prosesi pengukuhan ditandai dengan pemberian bendera merah putih oleh Menpora kepada Ketua National Olympic Committe (NOC) Indonesia Raja Sapta Oktohari, dan selanjutnya diserahkan kepada Chef de Mission (CdM), Harry Warganegara.

"Kalian bertanding bukan hanya membawa nama pribadi atau cabor, tapi membawa merah putih, membawa keinginan dan harapan 260 juta rakyat Indonesia. 260 juta rakyat Indonesia menunggu kalian semua kembali dengan membawa medali emas dan menjadi juara pada setiap pertandingan," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (27/11/2019).

"Hari ini yang dikukuhkan seluruh kontingen tetapi sebagian atlet sudah berangkat, bahkan timnas sepak bola kita sudah bertanding melawan Thailand. Kabar yang mengembirakan bahwa pertandingan yang mengawali seluruh rangkaian pertandingan, Indonesia lawan Thailand, kita bisa menang 2-0. Mudah-mudahan kemenangan ini menjadi energii positif buat kontingen Indonesia," tambahnya.

Pemerintah punya keyakinan bahwa tim yang dikirim dengan komposisi 60% junior dan 40% senior akan memberi kemenangan dan membawa kembali medali emas.

"Karena itu, saya perlu mengingatkan kepada kalian semua untuk selalu fokus dalam pertandingan. Ikuti instruksi pelatih, jangan berpikir di luar itu. Yang kalian pikirkan adalah kembali membawa medali emas. Dan kalau kalian membawa medali emas pasti ada perhatian dari NOC, KONI dan pemerintah," ucapnya.

Sementara itu, Raja Sapta Oktohari mengatakan bahwa keikutsertaan Indonesia dalam SEA Games 2019 merupakan wujud partisipasi untuk menjunjung tinggi persahabatan dan perdamaian melalui event olahraga.

"Oleh karena itu Komite Olimpiade Indonesia yakin kontingen Merah Putih telah dipersiapkan dengan baik oleh masing-masing cabor untuk bisa meraih prestasi terbaik," ujarnya.

Pada acara pengukuhan tersebut, atlet peraih medali emas Asian Games 2018, Hanifan Yudani Kusuma (pencak silat), dan Defia Rosmaniar (taekwondo) didaulat untuk membacakan janji atlet. Di akhir pengukuhan dilakukan prosesi penciuman bendera oleh para atlet dengan diiringi lagu Padamu Negeri.

Setelah dikukuhkan, kontingen Indonesia juga akan mengikuti proses pelepasan atlet yang bakal dipimpin langsung Presiden Joko Widodo di Istana Bogor. Indonesia menurunkan sebanyak 841 atlet untuk mengikuti 51 cabang olahraga (cabor) dari total 56 yang dipertandingkan. SEA Games 2019 akan berlangsung pada 30 November - 11 Desember 2019.



Ke 841 Atlet SEA Games RI, Menpora: 260 Juta Rakyat Tunggu Medali Emas




Simak Video "Jokowi Minta Menpora Baru Poles Timnas Sepakbola Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com