detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 29 Nov 2019 11:02 WIB

Dikabarkan Pesenam Batal ke SEA Games karena Tak Perawan, Ini Kata Manajer

Mercy Raya - detikSport
Foto: dok. 2019seagames.com
Jakarta - Satu atlet senam asal Jawa Timur batal ikut ke SEA Games 2019 Filipina. Kabarnya, dia didegradasi dari skuat Merah Putih karena tak perawan.

Atlet asal Jawa Timur, Shalfa Avrila Siani, dipulangkan oleh tim pelatih pelatnas senam pada November 2019. Keluarga terkejut saat menjemput Shalfa di Gresik, lokasi pelatnas, mereka mendengar kabar Shalfa didegradasi karena disebut-sebut terkait keperawanan.

Dalam prosesnya, Shalfa cek keperawanan di sebuah rumah sakit. Hasilnya, Shalfa dinyatakan masih perawan.

Merespons kabar itu, Manajer senam Indonesia, Dian Arifin, terkejut. Dia bilang baru mengetahui kabar tersebut dan akan segera mengecek kebenarannya kepada Pengurus Besar Persatuan Senam Seluruh Indonesia (PB Persani).


"Saya juga baru mendengar berita tentang tersebut kenapa berkaitan dengan SEA Games. Nanti, Sekjen PB Persani akan mengecek kebenarannya dengan daerah asal atlet ya," kata Dian kepada detikSport, Jumat (29/11/2019).

Dian menjelaskan bahwa pemilihan atlet yang turun ke multievent olahraga bangsa-bangsa Asia Tenggara sudah sesuai dengan aturan yang adil. Yakni, berdasarkan prestasi si atlet.

"Promosi degradasi atlet dari event terakhir di Kejuaraan Nasional Senam dan hasil Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP). Karena, ada atlet-atlet muda dan sesuai arahan Menpora terdahulu (persentase atlet muda 60:40) tapi tetap prestasi. Selain itu, kami juga melihat kesiapan atlet yang kami nilai (potensi) tampil di SEA Games," ujarnya.

Kontingen senam Indonesia sendiri sudah berada di Filipina. Mereka terbang ke negeri dengan penghasil beras terbaik Asia Tenggara ini sejak 27 November lalu. Mereka dijadwalkan bertanding mulai 1 sampai 4 Desember.



Dikabarkan Pesenam Batal ke SEA Games karena Tak Perawan, Ini Kata Manajer


Simak Video "Usir Rasa Jenuh, Tenaga Medis di Makassar Senam Maumere"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com