detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 29 Nov 2019 18:33 WIB

PB Persani: Tidak Ada Tes Keperawanan Untuk Pemilihan Atlet ke SEA Games

Bayu Baskoro - detikSport
Konferensi pers Kemenpora dan PB Persani di Kemenpora, Jumat (29/11/2019). (Bayu Baskoro Febianto/detikSport)
Jakarta - Pengurus Besar Persatuan Senam Seluruh Indonesia (PB Persani) menegaskan tak ada tes keperawanan dalam pemilihan atlet. Mereka yang mewakili Indonesia di SEA Games 2019 Filipina ditunjukberdasarkan hasil Kejurnas dan proses latihan.

Atlet senam dari Jawa Timur, Shalfa Avrila Siani, dicoret dari kontingen Indonesia di SEA Games 2019 Filipina. Pesenam berusia 17 tahun dari Kediri, Jawa Timur tersebut mengaitkan dengan dugaan keperawanan.

Kondisi itu memicu polemik di masyarakat. Tidak sedikit yang mempertanyakan apakah tes keperawanan memengaruhi pemilihan atlet yang diberangkatkan ke SEA Games.


PB Persani memberikan klarifikasi bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kamis (29/11/2019). Ketua Umum PB Persani, Ita Yuliati, menyebut masalah keperawanan tidak menjadi acuan dalam pemilihan atlet yang diberangkatkan.

"Dari PB Persani tidak ada itu tes keperawanan untuk pemilihan atlet. Tidak ada standarnya seperti itu," kata Ita di gedung Kemenpora.

"Beberapa atlet senam ada yang sudah menikah dan bahkan sudah memiliki anak, tidak masalah dengan itu. Hasil Kejuaraan Nasional (Kejurnas) serta control training yang menjadi patokan, sebelum kemudian keluar Surat Keputusan (SK)," Ita menambahkan.

Ita menegaskan jika pergantian Shelfa dengan atlet lain, Yogi Novia Ramadhani, murni karena alasan prestasi selama Kejurnas dan control training. Shelfa diakuinya mengalami penurunan hasil yang signifikan.

"Hasil Kejurnas jelas sekali ya, Shalfa berada di urutan ke-37, sementara Yogi masuk peringkat ketiga. Nilai Shalfa di Kejurnas total 21.132 sementara Yogi 45.133, sangat signifikan bedanya," Ita mengungkapkan.



Simak Video "Uniknya Senam Kebaya Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com