detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 29 Nov 2019 22:18 WIB

2 Peselancar Pangandaran Pede Raih Emas SEA Games

Faizal Amiruddin - detikSport
Selancar pede ke SEA Games 2019 (Faizal Amiruddin/detikSport)
Pangandaran - Dua atlet selancar asal Batukaras, Pangandaran, Jawa Barat, Dean Permana (21) dan Arip Nurhidayat (39), optimistis merebut medali emas di SEA Games 2019 Filipina. Apa modalnya?

"Nanti malam kami bertolak ke Filipina, kami sudah siap," kata Dean, via ponsel, Jumat (29/11/2019) pagi. Dia bersama Arip serta kontingen selancar Indonesia lainnya berada di Bali saat ini.

Untuk menghadapi SEA Games Filipina, mereka sudah menjalani latihan intensif selama enam bulan terakhir. Mereka terjun di kelas long board.

"Kami latihan di Batukaras dan Bali," kata Dean.

Dean bilang ada satu keuntungan yang dimiliki peselancar Indonesia untuk tampil di SEA Games 2019. Yakni, karakter ombak arena SEA Games Filipina mirip dengan ombak di kampung halaman mereka, Batukaras.


"Sama, ombak kanan. Maksudnya, arus ombaknya ke kanan," kata Dean.

"Yang terpenting kami meminta dukungan dan doa dari seluruh masyarakat, terutama warga Pangandaran agar kami bisa membawa pulang medali emas," kata Dean.

Arip menambahkan keikutsertaan surfing di SEA Games merupakan titik awal masuknya surfing ke dalam multievent.

"Semoga surfing ke hari depan akan dipertandingkan di level multievent yg lebih besar seperti Asian Games, Asian Beach Games. Apalagi mengingat surfing sudah menjadi olahraga wajib di Olympiade," kata Arip

Terpisah Ketua KONI Kabupaten Pangandaran, Asep Suherdis, bangga dan memberikan apresiasi terhadap kedua peselancar asal Pangandaran yang hendak berlaga membawa nama Indonesia. Apalagi, Pangandaran sendiri belum terbentuk kepengurusan Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI), namun atletnya sudah mampu tampil di kancah internasional.

"Tentu kami mendoakan yang terbaik bagi keduanya. Keduanya memang peselancar bertalenta. Selama ini mereka sudah punya nama di dunia surfing Asia," katanya.

"Selancar memang belum masuk cabang olahraga yang dinaungi KONI, kepengurusan di Jawa Barat pun belum ada. Tapi saya kira untuk sementara ini tak jadi masalah, yang penting kita dukung agar Dean dan Arip bisa mengharumkan nama Indonesia," katanya.



Simak Video " Hore! Jokowi Bakal Kasih Bonus Buat Atlet SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com