detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 30 Nov 2019 08:41 WIB

Jadi Pembawa Bendera Indonesia, Perasaan Ridjkie Mulia Campur Aduk

Mercy Raya - detikSport
Ridjkie Mulia didapuk jadi pembawa bendera Indonesia di pembukaan SEA Games 2019 (ANTARA FOTO/Humaira)
Manila - Pemain timnas polo air, Ridjkie Mulia, yang juga peraih medali emas pertama SEA Games 2019 untuk Indonesia tak menyangka dipercaya membawa bendera pada acara defile. Dia tahu kabar itu dari Twitter.

Bersama rekan-rekannya di Pelatnas, Ridjkie sukses mempersembahkan emas pertama untuk Merah Putih di multiajang olahraga bangsa-bangsa Asia Tenggara tersebut di New Clark Aquatic Centre, Capas , Filipina, pada Jumat (29/11/2019) sore.

Pada laga terakhirnya Indonesia menang atas Malaysia 17-4. Namun torehan medali emas baru dipastikan pada laga berikutnya saat Filipina dan Singapura bermain imbang 6-6.

Tapi siapa sangka penunjukkan bukan karena dia bersama temannya sukses di SEA Games. Tetapi jauh sebelum itu. Ridjkie didapuk karena dinilai berprestasi. Dia pernah berlaga di liga utama 2019 di Serbia, bersama tim VK Belgrade yang merupakan salah satu klub polo air yang bermain di Liga A.






"Saya awalnya lihat dari berita di Twitter dan cukup kaget. Ketika saya konfirmasi ke asisten coach Dean Baldwin, dan ternyata benar saya yang bawa bendera," kata Ridjkie kepada detikSport, Jumat (29/1+/2019).

"Rasanya itu bangga tapi campur aduk bagaimana gitu. Sebab, tak semua orang bisa mendapatkan kesempatan itu dan saya merasa terhormat bisa mewakili Indonesia dengan membawa bendera untuk pembukaan multievent se Asia Tenggara," dia melanjutkan.

Tak hanya itu, sampai kini atlet kelahiran 13 Juni 1990 ini masih merasakan gugup untuk persiapan pembukaan yang berlangsung Sabtu (30/11/2019) malam.

"Pasti karena ini mewakili masyarakat Indonesia dan pastinya deg-degan banget. Saya daripada bawa bendera lebih memilih bertanding melawan Singapura," katanya.






"Kayaknya adrenalinnya lebih terasa. Soalnya itu (bawa bendera) harus benar-benar serius dan bawa bendera itu bawa kebanggaan dan itu tempat terhormat menurut saya karena tidak sembarangan orang bisa bawa bendera defile. Jadi ada kebanggaan," tambah dia.

Di sisi lain, defile kontingen Indonesia akan terdiri dari 700 orang yakni atlet, ofisial, dan tim CdM. Para atlet tak akan menggunakan kostum khusus, melainkan baju training dari sponsor Yonex.

Sementara, tim headquarter dan Chief de Mission Harry Warganegara akan menggunakan pakaian adat dari Lampung, Sulawesi, Bali, dan daerah lainnya yang merepresentasikan keberagaman Indonesia.





Jadi Pembawa Bendera Indonesia, Perasaan Ridjkie Mulia Campur Aduk


Simak Video "Yeay! Atlet Peraih Medali SEA Games Sudah Dapat Bonus"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
d'Mentor
×