detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 30 Nov 2019 19:38 WIB

Mabuhay di Filipina! SEA Games 2019 Resmi Dibuka

Mercy Raya - detikSport
Upacara pembukaan SEA Games 2019 di Philippine Arena, Sabtu (30/11/2019). (Grandyos Zafna/detikSport)
Manila - SEA Games 2019 resmi dimulai. Pesta olahraga bangsa-bangsa se-Asia Tenggara itu dibuka oleh Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, malam ini.

Upacara pembukaan SEA Games 2019 dilangsungkan di dalam gedung serbaguna berkapasitas 55 ribu penonton Philippine Arena, Bulacan, Sabtu (30/11/2019). Untuk kali pertama, opening ceremony SEA Games dilangsungkan di gedung tertutup.

"Saya menyatakan dibuka SEA Games 2019 untuk merayakan olahraga Asia Tenggara, Mabuhay Kayong Lahat!" ujar Duterte saat menyampaikan tanda SEA Games dimulai.

Seremoni pembukaan itu dimulai pukul 19.00 WIB dengan ditandai kedatangan Duterte. Mengenakan kemeja putih, kehadirannya langsung disambut warga yang hadir di arena.


Salepas itu, acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Filipina, Lupang Hinirang, yang dibawakan penyanyi populer, Lani Misalucha. Kemudian, diikuti dengan penampilan tarian tradisional penduduk Maranou di bagian selatan Filipina, yakni singkil dance. Serta, sejumlah hiburan lainnya.

Perayaan dilanjutkan dengan defile atlet. Masing-masing kontingen mengitari panggung besar dengan diiringi tarian. Dimulai dari Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Singapura, Thailand, Timor Leste, Vietnam, hingga yang paling terakhir kontingen tuan rumah, Filipina.

Mereka berjalan dengan didampingi dua orang pembawa Arc, merupakan tanda seperti pigura. Arc sendiri biasanya digunakan untuk merupakan perayaan yang dilakukan setiap Mei untuk memperingati Bunda Maria, Santacruzan.

Kemeriahan SEA Games semakin terasa setelah kontingen Filipina hadir di panggung. Mereka menggunakan kemeja putih dengan kerah bergambar bendera Filipina. Mereka diiringi lagu Manila, Manila. Sontak para penonton yang menyaksikan ikut bernyanyi dan joget.

Termasuk Presiden Filipina yang ikut berdiri dan berjoget. Duterte duduk berdampingan dengan Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah, yang juga ikut menikmati acara.

Abraham N. Tolentino, NOC Filipina, menyampaikan terimakasih atas kehadiran seluruh kontingen dari negara peserta. Dia juga memberikan apresiasinya kepada para stakeholder yang membantu sampai acara SEA Games bisa berlangsung. Multievent olahraga bangsa-bangsa Asia Tenggara itu sempat dikabarkan tidak jadi digelar karena kondisi ekonomi.

"Malam ini seluruh delegasi dari negara peserta telah datang untuk berpartisipasi. Selamat malam di Filipina. Saya ingin berterima kasih untuk seluruh pihak yang sudah bekerja keras sampai ajang SEA Games ini bisa terlaksana. Kepada seluruh volunter, seluruh panitia, atlet. Kamu membuat negaramu bangga. Lebih dari itu, semangat tetap dikedepankan," kata Abraham dalam sambutannya.

"Setelah 14 tahun kami menjadi tuan rumah lagi untuk ajang SEA Games 2019. Kami berterima kasih kepada Presiden Duterte yang telah mendukung dan menjadikan kita sebagai tuan rumah terbesar dan terbaik dalam sejarah penyelenggaraan SEA Games," ujar dia.

"Olahraga membuat kita bersama berdiri. Kita bisa mendapat pengalaman, jadi bukan hanya olahraga tapi lebih dari itu. We Win as One. Welcome to the Filipina, Mabuhai," dia menambahkan.


Sementara itu, api kaldron dinyalakan di lokasi berbeda, di Clark Stadium. Manny Pacquiao dan Nesthy Pelecio yang bertugas menyalakan kaldron. Di stadion itu pula digelar pesta kembang api.



Simak Video " Hore! Jokowi Bakal Kasih Bonus Buat Atlet SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com