detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 30 Nov 2019 22:09 WIB

Pesan Keberagaman dari Kontingen Indonesia di Pembukaan SEA Games

Mercy Raya - detikSport
Foto: Grandyos Zafna/detikSport
Manila - Kontingen Indonesia menunjukkan pesan keberagaman dalam defile di upacara pembukaan SEA Games 2019 Filipina. Kendati diperkuat atlet dari daerah berbeda-beda, namun mereka memiliki tujuan yang sama, kebanggaan Indonesia.

Dalam opening ceremony SEA Games di Philippine Arena, Bulacan, Sabtu (30/11/2019), Kontingen Indonesia tampil di urutan ketiga. Rombongan yang dipimpin kapten Timnas Polo Air, Ridkjie Mulia itu, keluar dari balik layar setelah atlet Kamboja dan Brunei Darussalam berdefile.

Dalam pantauan detikSport, Menpora Zainudin Amali bersama Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari berteriak lantang dan tepuk tangan menyambut kontingen Merah Putih, juga para penonton yang duduk di tribune. "Indonesia!," penonton berteriak sambil bersahut-sahutan.


Penampilan atlet-atlet dalam rombongan Indonesia memang cukup beragam. Kontingen yang diisi gabungan atlet dan tim headquarter itu melakukan defile dengan mengenakan kostum adat daerah di Indonesia. Di antaranya, dari Lampung, Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, Riau Melayu, Bugis, Bodo Makasar, Betawi, Kalimantan, dan Dayak. Kostum itu menjadi penanda Kontingen Indonesia diperkuat atlet dari berbagai daerah di Tanah Air.

"Kita menunjukkan Indonesia sebagai negara dengan keberagaman budaya, tapi pesan Bhinneka Tunggal Ika yang kita perkuat. kami juga sampaikan sebagai persatuan di negara Asia Tenggara," ujar Okto, sapaan karib Raja Sapta Oktohari.

Berbeda dengan rombongan negara lain yang hanya menggunakan seragam resmi. Bahkan kontingen tuan rumah Filipina pun hanya mengenakan training kontingen. Wakil-wakil Filipina itu juga mendapatkan sambutan meriah dari penonton. Presiden Filipina Rodrigo Duterte yang hadir di lokasi juga terlihat tersenyum gembira menyaksikan barisan atlet-atlet dan ofisial Filipina.

Di SEA Games 2019, Indonesia mengirim 841 atlet. Mereka didukung oleh ratusan personel lain seperti pelatih, ofisial, tim medis dan lainnya yang membuat total jumlah anggota kontingen Indonesia adalah 1.303 orang. Indonesia mengikuti 52 cabang dari 56 cabor yang dipertandingkan oleh tuan rumah.

Presiden Joko Widodo mematok target kontingen Indonesia untuk menduduki peringkat kedua klasemen akhir perolehan medali SEA Games 2019. Indonesia sudah mendapatkan satu medali emas pada cabang olahraga polo air putra, pada Jumat (29/11/2019).



Simak Video " Hore! Jokowi Bakal Kasih Bonus Buat Atlet SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com