detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 01 Des 2019 09:13 WIB

Laporan dari Manila

Kemacetan Manila yang Bikin Pewarta 'Mati' Sementara

Mercy Raya - detikSport
Kemacetan total di jalan utama kota Manila (Mercy Raya/detikSport) Kemacetan total di jalan utama kota Manila (Mercy Raya/detikSport)


Dua jam menunggu akhirnya saya mendapat giliran mendapat taxi. Saya meminta supir untuk mengantarkan ke hotel Heroes. Tepatnya di Florentino Torres St. Osmena Highway, San Andres Bukid, Manila, Metro Manila, Philippines, 1260.

Belum juga mobil berjalan berapa meter, taxi kami sudah dihadapkan pada kemacetan yang luar biasa. Jarak yang harusnya ditempuh 27 menit pun molor sampai lebih dari satu jam. Tak hanya soal macet, ternyata banyak truk di bagian sisi kanan kiri kami.

"Di sini memang macetnya cukup parah. Apakah di negaramu ada yang seperti ini?" tanya Edwin, supir taxi, 35 tahun.

Saya bilang, "Wilayah ini seperti Jakarta tapi ini mungkin parah juga."

Sesekali Edwin menunjukkan kemacetan di beberapa titik. Kebetulan kami melewati flyover yang bisa melihat keadaan jalanan di bawah. "Itu mirip parkiran mobil padahal ini jalan besar, jalan raya," ucapnya.

Sontak, saya berpikir. Jika Manila saja semacet ini, bagaimana peliput melaksanakan tugasnya untuk SEA Games nanti dalam 12 hari ke depan.

"Kamu memang tugasnya di mana? Jika di Clark mungkin tak separah ini sebab itu kota baru," Edwin menjelaskan.

Filipina sebagai tuan rumah memang menetapkan empat wilayah untuk pelaksanaan event 56 cabang olahraga, yakni Clark, Subic, Metro Manila, dan area Lain atau BLT (Batangas, La Union, dan Tagaytay).


Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com