detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 01 Des 2019 11:22 WIB

12.000 Pelari Ramaikan BRILian Run 2019 di Surabaya

Yakob Arfin - detikSport
Foto: Yakob Arfin/detikcom Foto: Yakob Arfin/detikcom
Surabaya - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menggelar kompetisi lari gratis terbesar di Indonesia yang bertajuk BRILian Run 2019 Surabaya Series. Setelah sebelumnya digelar di Jakarta, Bogor dan Solo, BRILian Run keempat ini digelar di kota Surabaya, tepatnya di lapangan Makodam V Brawijaya.

Kompetisi lari ini sukses menyedot perhatian masyarakat yang diikuti oleh 12.000 pelari dari seluruh Indonesia. Direktur Utama Bank BRI Sunarso membuka langsung kompetisi lari ini. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak pun turut hadir dalam pembukaan ajang tahunan tersebut.

Sunarso mengungkapkan pihaknya menetapkan kuota peserta hanya bagi 10.000 orang. Namun di luar dugaan, animo masyarakat begitu tinggi. Pihaknya mengaku bangga dan senang kompetisi lari tahunan ini memiliki banyak peminat.


"Antusiasme masyarakat untuk berpartisipasi dalam perhelatan ini sangat tinggi, terlihat dari jumlah peserta yang mendaftar lebih dari angka 12.000 orang dari seluruh penjuru Indonesia. Angka tersebut jauh melebihi dari kuota yang disediakan sebanyak 10.000 orang," kata Sunarso kepada wartawan di lapangan Kodam Surabaya, Minggu (1/12/2019).

Ia mengungkapkan BRILian Run 2019 Surabaya Series ini telah dibuka melalui aplikasi online sejak 20 November lalu.

"Alhamdulillah, sebenarnya kita ini mengadakan lomba lari gratis dan terbesar di Indonesia. Dan memang pendaftarannya semua melalui aplikasi online dan diharapkan diikuti oleh maksimal sebenarnya 10 ribu orang saja. Tapi hingga saat ini yang daftar sampai dua belas ribu lebih," jelas Sunarso.

Ia melanjutkan BRILian Run Surabaya series kali ini diadakan oleh BRI dalam rangka ulang tahun BRI yang ke-124. Total hadiah yang diperebutkan senilai lebih dari Rp 300 juta untuk para pemenang kompetisi lari kategori Half Marathon (21K), Olympic Distance (10K), Fun Race (5K), Fun Run dengan kostum terbaik, hingga beragam hadiah doorprize.

"Dan saya melihat bahwa masyarakat Surabaya dan sekitarnya sangat antusias mengikuti ini sehingga sangat membanggakan. Sesuai dengan tujuan BRI selain dalam rangka merayakan ulang tahun, kami juga mengajak masyarakat supaya memiliki aktivitas yang sehat dan masyarakat kita semakin menjadi masyarakat yang sehat," ungkapnya.


"Tadi kita selain lomba lari ini kita juga menyerahkan dana CSR senilai Rp 1.150.000.000. Tujuannya untuk tiga hal yang pertama kita sebut pro planet dalam bentuk revitalisasi fungsi sungai-sungai, dan kemudian ada pro people yaitu perbaikan rumah yang tidak layak huni menjadi layak huni, dan yang terakhir adalah CSR untuk bidang pendidikan," paparnya.

Menyemarakkan ulang tahunnya yang ke-124, BRI juga menyelenggarakan Pesta Rakyat Simpedes di seluruh Indonesia di 100 kota juga melakukan kegiatan di 19 sungai untuk membersihkan sampah, dan mengedukasi 10 ribu pelaku UMKM.

Sunarso menambahkan masih ada sejumlah rangkaian lagi dalam hari jadi BRI yang puncaknya diadakan pada 22 Desember 2019 di JCC Jakarta yakni BRILian Festival, sebuah acara internal BRI.

"Tahun depan BRILian Run ini akan kita adakan lagi karena ini merupakan series. Jadi mudah-mudahan akan terus kita lakukan," pungkasnya.

Simak Video "Lomba Lari Sepatu Berhak Tinggi, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com