detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 03 Des 2019 06:15 WIB

Cara Rifda Redam Gugup, Berdoa hingga Dengar Musik

Mercy Raya - detikSport
Rifda Irfanaluthfi meraih perak di cabang senam artistik SEA Games 2019 (Grandyos Zafna/detikSport) Rifda Irfanaluthfi meraih perak di cabang senam artistik SEA Games 2019 (Grandyos Zafna/detikSport)
Manila - Rifda Irfanaluthfi masih menyimpan tugas besar di SEA Games 2019. Dia akan turun di nomor alat perorangan usai memastikan perak di nomor all around.

Dari evaluasi sementara Rifda mengaku masih merasakan gugup saat tampil di Rizal Memoriam Colliseum, Manila, Senin (2/12/2019). Itu mengapa hasil di all around dinilainya belum lah maksimal dan akhirnya berujung pada torehan medali perak.

Rifda akan kembali turun di nomor alat perorangan pada Rabu (3/12/2019). Waktu yang sempit untuk persiapan tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Rifda. Dia berusaha mengatasinya secepat mungkin.

"Ya, mengatasinya dengan berdoa dan biasanya mendengarkan musik," kata Rifda.




"Tapi tergantung alatnya. Kalau lantai itu harus musiknya biasanya dipilih yang nge-beat, kalau keseimbangan itu jenis genrenya jazz," dia menambahkan.

"Rasanya sih lebih rileks. Jadi saya dengar ketika sedang rest atau sebelum latihan baru dengar musik."

Selain persiapan mental, Rifda mengakui recovery juga menjadi poin penting untuk mengatasi jadwal yang padat. "Kalau itu biasanya tim medis terapis, masseur juga datang. Jadi besok pagi dicoba lagi gerakannya."



Simak Video "Cerita Ibu Atlet Senam yang Dipulangkan Karena Isu Tak Perawan"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com