detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 03 Des 2019 20:27 WIB

Sempat Gugup, Puspa Akhiri Paceklik Emas Pencak Silat Indonesia di SEA Games

Mercy Raya - detikSport
Foto: dok. NOC Foto: dok. NOC
Manila - Pesilat Puspa Arum Sari berhasil mengantongi emas di SEA Games 2019 Filipina. Dia mengakhiri paceklik emas emas pencak silat.

Dalam perlombaan yang bergulir di Subic Bay Exebition Centre, Filipina, Selasa (3/12/2019), Puspa yang turun di nomor seni mampu mendapat nilai paling tinggi.

Dia diganjar nilai 467 oleh juri dan sukses merebut medali emas. Sedangkan, medali perak direbut pesilat tuan rumah Filipina, Mary Francine dengan mengantongi 454 poin, menyusul medali perunggu diraih pesilat Brunai Darussalam, Anisah Najihah dengan mengantongi 451 poin.


Puspa tak menyangka bisa menempati peringkat pertama apalagi saat tampil dia dalam kondisi sangat gugup. Dia khawatir karena sebelumnya dia menyaksikan pesilat putra belum bisa meraih hasil maksimal.

"Tadinya, saya sempat gugup saat tampil, Tapi, saya bisa mengatasinya dengan baik," kata Puspa.

"Semua itu terjadi karena melihat kekecewaan yang dialami pesilat putra dalam masalah penilaian. Untung saja, para pelatih menenangkan dan membuat saya lebih tenang dalam penampilan," dia menjelaskan.

"Ternyata tampil dengan keikhlasan bisa menghasilkan prestasi terbaik. Terus terang, saya merasa senang bisa menjadi peraih medali emas pertama dari cabang pencak silat dan saya juga berdoa semoga teman-teman lainnya bisa meraih hasil yang sama," dia berharap.

Sejauh ini, pencak silat Indonesia mengumpulkan satu emas dari Arum Sari dan satu perunggu dari Dino Sulistianto di nomor seni tunggal putra.



Simak Video "Pencak Silat Indonesia dan Silat Malaysia Masuk Daftar UNESCO"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com