detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 04 Des 2019 12:02 WIB

Siap-siap! Perburuan Medali SEA Games Juga Berlangsung di Clark

Femi Diah - detikSport
Foto: ANTARA FOTO/INASGOC/Rosa Panggabean Foto: ANTARA FOTO/INASGOC/Rosa Panggabean
Jakarta - Indonesia melewati empat hari pertama SEA Games 2019 Filipina dengan mengantongi 12 medali emas, 20 perak, dan 18 perunggu. Kini, perburuan emas juga berlangsung di kota baru Clark.

Ke-12 medali Indonesia itu didapatkan dari polo air, menembak, senam, wushu, pencak silat, dan angkat besi, dan duathlon. Perebutan medali emas di Manila belum benar-benar berakhir, karena peluang Indonesia untuk mendapatkan emas masih terbuka dari cabang olahraga senam, boling,taekwondo, tenis dan soft tennis, sepakbola, tinju, karate, dan anggar, serta balap sepeda di nomor trek.

Tapi, mulai hari ini, Rabu (4/12/2019), perburuan medali juga mulai berlangsung di Clark, kota berjarak 115 km atau sekitar dua jam berkendara. Indonesia bertaruh di cabang olahraga renang, atletik, dan panahan.

Di cabang olahraga renang, Indonesia menurunkan 13 perenang dengan mematok target empat medali emas. I Gede Siman Sudartawa dkk bakak bertarung mulai hari ini di New Clark Aquatic Centre.


Bersama Siman, Farrel Armandio Tangkas di andalkan untuk meraih medali di nomor 100 meter dan 50 meter gaya punggung putra. Selain itu, pemilik emas SEA Games 2017 Kuala Lumpur Gagarin Nathaniel Yus digadang-gadang mempertahankan emas dari 100 meter gaya dada putra.

"Di SEA Games 2017, saya berhasil merebutnya. Dan mempertahankan medali memang lebih sulit. Saya akan berusaha keras dan mohon doa yang terbaik untuk bisa mempersembahkan emas," ujar Gagarin.

Tumpuan juga disematkan kepada perenang muda Azahra Permatahani di nomor 200 meter gaya ganti putri, Ressa Kania Dewi di nomor 100 meter gaya bebas putri.

PB PASI menurunkan 35 atlet di Clark yang 60 persennya diisi atlet junior. Kali ini, PASI tak menurunkan Lalu Muhammad Zohri. Sprinter asal Lombok Utara itu difokuskan untuk tampil di Olimpaide 2020 Tokyo.

Kendati membawa cukup banyak atlet junior, PASI membebankan medali kepada atlet senior. Di antaranya, Agus Prayogo pada lari jarak jauh di nomor 10.000 meter dan maraton, Emilia Nova pada 100 meter lari gawang, dan Hendro Yap pada 20 km jalan cepat.

Sementara itu, panahan menurunkan 16 atlet, yang akan tampil di nomor recurve dan compound. Mereka dipatok target empat medali emas.



Simak Video " Atletik SEA Games Penuhi Target, PB PASI: Perlu Ada yang Diperbaiki"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com