detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 06 Des 2019 08:55 WIB

Agus Raih Emas Pertama Maraton Usai Menantang Beton dan Cuaca

Mercy Raya - detikSport
Agus Prayogo raih medali emas maraton putra SEA Games 2019 (Mercy Raya/detikSport)
New Clark - Pelari kawakan Agus Prayogo akhirnya meraih medali emas pertama di nomor maraton SEA Games 2019. Dia sukses menaklukkan trek beton dan cuaca.

Agus tampil di maraton putra yang berlangsung di New Clark Athletic Stadium, Jumat (6/12/2019) yang dimulai pukul 05.45 waktu setempat, Agus berhasil mencatatkan waktu 2 jam 26 menit 48 detik dan menjadi yang terbaik.

Agus sangat senang apalagi ini merupakan emas pertamanya di nomor marathon. Pada edisi SEA Games sebelumnya, dia hanya mampu mengantongi medali perak dengan catatan waktu 2 jam 31 menit 20 detik.

"Saya senang sekali kembali menyumbangkan medali emas untuk Indonesia. Ini adalah medali emas pertama saya buat maraton dan medali emas pertama atletik. Semoga ini jadi motivasi untuk teman-teman atletik bisa menyumbangkan medali emas untuk Indonesia," kata Agus.






Bukan hal mudah bagi Agus untuk bisa menjadi yang terbaik. Jadwal yang tak ideal untuknya, cuaca, serta trek yang tidak seharusnya menjadi tantangan bagi atlet berusia 34 tahun itu.

"Rute bisa kita lihat hampir 99 persen beton dan cor-coran. Bukan aspal seperti umumnya. Secara otomatis lebih berat dan menantang buat kaki saya. Lalu cuaca. Di sini kelembapannya tinggi sekali. Start tadi pukul 5.45 waktu setempat matahari sudah keluar dan sangat panas," dia menambahkan.

"Secara jadwal merugikan banget untuk saya tapi tak apa-apa yang pasti saya masih bisa menyumbangkan medali emas untuk Indonesia."

"Medali emas ini saya persembahkan untuk rakyat Indonesia yang sudah mendukung sehingga saya bisa menjadi yang terbaik di pagi ini dan bendera Indonesia bisa berkibar di tiang tertinggi di Filipina," demikian dia.




Simak Video "Maraton Putra Indonesia Sumbang Emas Pertama Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com