detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 08 Des 2019 10:34 WIB

Mampukah Indonesia Amankan 8 Emas Lagi di SEA Games?

Mercy Raya - detikSport
Foto: Tripa Ramadhan/detikSport
Manila - Kontingen Indonesia berada di peringkat kedua dengan perolehan 52 emas SEA Games 2019 Filipina pagi ini. Chief de Mission Harry Warganegara meminta Skuat Merah Putih tak kendur demi memenuhi target minimal 60 keping emas.

SEA Games 2019 memasuki hari ke-8 sejak resmi dibuka pada 30 November lalu di Philippine Arena, Filipina. Di ajang itu, hampir sebagian besar cabang olahraga telah menyelesaikan perebutan emas, di antaranya besi, wushu, pentathlon, senam, dan tenis yang di luar dugaan menjadi juara umum.

Indonesia mengikuti 52 cabor dari 56 cabang yang dipertandingkan. Skuat Merah Putih mengoleksi 52 medali emas sampai kini. Rinciannya, 52 emas, 51 perak, dan 58 perunggu.

Demi memenuhi instruksi Presiden Joko Widodo untuk finis di dua besar, Indonesia pun mematok 60 keping emas di SEA Games 2019. Artinya, hanya perlu minimal sembilan medali emas lagi untuk memenuhinya.


"Alhamdulillah target awal 45 medali emas sudah terlewati. Kini, kita akan mendorong untuk bisa menuntaskan misi akhir seperti harapan Presiden Jokowi yang ingin Kontingen Indonesia berada di peringkat kedua pada SEA Games XXX Filipina 2019," kata Harry Warganegara.

"Prestasi yang sudah dicapai Kontingen Indonesia saat ini berkat tingginya daya juang atlet Indonesia untuk Mengibarkan Merah Putih sekaligus mengumandangkan Lagu Indonesia Raya di setiap venue. Ditambah lagi dukungan Tim CdM, National Olympic Committee (NOC) Indonesia, offsial, pengurus KONI Pusat, Pengurus Induk organisasi (PB/PP), dan Kemenpora yang terus.memompa semamgat mereka untuk mencapai prestasi puncak," dia menambahkan.

Harry mengimbau agar atlet-atlet Indonesia tak mengendurkan semangat karena pertempuran belum benar-benar selesai. Harry optimistis panahan, atletik, dan dayung menambah pundi-pundi emas Indonesia.

"Ayo kita rapatkan barisan dan saling men-support agar terus mengalir medali emas yang diharapkan sehingga peluang kita mempertahankan posisi peringkat kedua bisa terwujud sampai berakhirnya SEA Games Filipina 2019 ini," dia mengimbau.

Sementara tuan rumah, Filipina, masih menempati peringkat pertama perolehan medali sementara yakni 89 emas, 68 perak, 64 perunggu. Posisi ketiga Vietnam dengan mengoleksi 46 emas, 50 perak, dan 66 perunggu disusul Thailand dengan 41 emas, 55 perak, dan 60 perunggu.



Simak Video " Hore! Jokowi Bakal Kasih Bonus Buat Atlet SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com