detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 09 Des 2019 11:53 WIB

Hendro Sukses Pertahankan Emas SEA Games Saat Kondisi Tak Bugar

Mercy Raya - detikSport
Foto: Sigid Kurniawan/Antara Foto
Clark - Atlet senior jalan cepat, Hendro Yap, sukses mempertahankan medali emas SEA Games di Clark. Dia bersyukur lomba berjalan sesuai rencana, kendati dia sedang tak bugar.

Hendro bersaing di lomba nomor jalan cepat 20 km putra dengan tujuh peserta lain di Jalan Clark Freeport Zone, Filipina, pada Senin (9/12/2019), mulai pukul 06.15. Dia selalu memimpin perlombaan dan finis terdepan dengan catatan waktu 1 jam 31 menit dan 20 detik.

Tiba di garis finis, Hendro langsung sujud syukur setelah memastikan kemenangan dan mempersembahkan emas ke-67 untuk Kontingen Indonesia. Apalagi, dia tak mendapatkan kesempatan menjajal trek karena lokasi yang jauh dari stadion, selain itu jadwal yang cenderung berubah-ubah.


"Sempat beberapa hari saya emosi karena kita kan enggak ada kepastian kayak kemarin katanya jadwal itu dari pukul 6:30 menjadi 6:15, sementara keberangkatan bus tidak dipercepat. Tetapi, (menghadapi itu) saya berpikir harus tenang," kata Hendro, usai tampil.

"Selain itu, hari ini, saya juga merasa tidak fit. Tapi, dengan kita tidak tahu apa-apa, musuh juga enggak tahu apa, saya juga tidak mengerti medan dan tidak mengetahui situasi serta cuaca itu yang menjadi keunggulan kita. Kita kan memang sudah biasa berpindah-pindah tempat dan kita mudah beradaptasi bukan mudah juga sih tapi kita harus cepat, karena pelatih saya mau mengajarkan cepat untuk beradaptasi di situasi bagaimanapun cuaca bagaimanapun dan kondisi apapun," dia menjelaskan.

Usai meriah emas, Hendro menyampaikan harapannya. Dia rindu pesaing yang lebih muda di dalam negeri sendiri.

"Ini emas keempat saya setelah Myanmar, Singapura, dan Malaysia, kemudian Filipina kalau dibilang bagaimana pasti senang," ujar dia.

"Mungkin habis ini saya masih diperlukan oleh PB PASI dan Saya mengucapkan terima kasih kata pertama oleh PB yang sudah membina saya dari 2007 hingga saat ini. Mungkin tahun depan PASI akan menemukan atlet yang lebih dari saya tapi saya tetapi saya berharap bisa mempertahankan juara. Jadi kalau dibilang senang ya senang banget," dia menambahkan.



Simak Video " Atletik SEA Games Penuhi Target, PB PASI: Perlu Ada yang Diperbaiki"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com