detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 09 Des 2019 17:55 WIB

Indonesia Diprediksi Sulit Tembus Dua Besar di SEA Games

Femi Diah - detikSport
Foto: Sigid Kurniawan/Antara Foto Foto: Sigid Kurniawan/Antara Foto
Jakarta - Kendati mengumpulkan lebih dari 60 keping medali emas, Indonesia diprediksi sulit finis di urutan kedua SEA Games 2019 Filipina. Obat luka diharapkan datang dari Timnas U-22 di sepakbola.

Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar Kontingen Indonesia finis dua besar di SEA Games 2019. Merespons harapan tersebut, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) merevisi target, dari semula 45 emas menjadi minimal 60 emas.

Jumlah medali hitungan KOI dan Kemenpora itu dinilai tak masuk akal oleh Ketua Asosiasi Profesor Keolahragaan Indonesia, Djoko Pekik Irianto. Sebelum SEA Games berlangsung, dia menyatakan untuk memenuhi target tersebut Indonesia setidak harus memborong 85 emas.

Perhitungan Djoko mulai tampak justru setelah Indonesia memenuhi target KOI dan Kemenpora di angka 60 emas pada hari kesembilan, Minggu (8/12/2019) dan ada di urutan kedua. Sehari kemudian, peringkat Indonesia malah digeser oleh Vietnam dan Thailand.


Mampukah Indonesia finis sebagai runner-up dengan sisa 100 emas yang diperebutkan dan saat ini tercecer di urutan keempat?

"Pertama kita bangga kontingen Indonesia meraih medali melebihi yang ditargetkan. Kita semua bangsa Indonesia berdoa mudah-mudahan bisa memenuhi target runner-up seperti harapan bapak Presiden," kata Djoko yang dihubungi detikSport, Senin (9/12/2019).

"Raihan emas kita memang belum aman untuk bisa finis di posisi kedua, seperti yang pernah saya sampaikan pada awal SEA Games, untuk bisa menjadi runner-up, kita membutuhkan sekitar 85 emas," dia menjelaskan.

Djoko bilang, Vietnam dan Thailand memang jago di cabang olahraga bela diri, yang cabang olahraganya, dimainkan di hari-hari terakhir. Termasuk, pencak silat. Selain itu, kedua negara itu, serta Singapura bisa mencuri emas lebih banyak dari renang yang menawarkan 39 emas.
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video " Hore! Jokowi Bakal Kasih Bonus Buat Atlet SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com