detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 11 Des 2019 06:00 WIB

Yuk, Kenalan dengan Sukarelawan SEA Games 2019

Mercy Raya - detikSport
Foto: Mercy Raya/detikSport
Clark - SEA Games 2019 Filipina akan usai dalam hitungan jam. Sedih pesta olahraga itu akan berakhir, namun tiga mahasiswi yang menjadi sukarelawan juga bahagia mendapatkan banyak pengalaman baru.

Trina Marie Anicete, Rosalyn Buena, dan Chaterine Ann Resuello tak rela SEA Games segera berakhir. Padahal, sebagai sukarelawan, mereka harus siaga dari pagi hingga malam.

"Kebetulan kami menjadi tuan rumah SEA Games 2019 sehingga kami ingin menggunakan volunter sebagai jalan mencari pengalaman," kata Trina saat ditemui di Stadion Atletik, New Clark City.

"Kami juga ingin menjadi duta dari negara kami dan melayani seluruh tamu yang datang ke Filipina dan atlet," Chatherine menimpali.

Untuk mewujudkan angan-agan itu, Trina, Rosalyn, dan Chaterine pun mendaftarkan diri sebagai sukarelawan SEA Games. Tak langsung diterima, mereka harus menghadapi sejumlah seleksi dan pelatihan. Akhirnya, mereka terpilih bersama 9.000 sukarelawan lain untuk mengawal SEA Games 20019.


"Kami diberi pemahaman tentang apa yang harus kami lakukan di sini, bagaimana cara melayani orang, menghadapi keluhan orang. Kami mendapat banyak keluhan tapi kami pikir itu wajar karena sebagian orang mungkin seperti itu, bahkan ada yang sampai marah-marah," Trina menjelaskan.

"Biasanya mereka marah karena ketika dilarang duduk di tempat yang tidak seharusnya. Contohnya, penonton biasanya mau duduk di tempat yang paling bagus untuk foto," dia menambahkan.

"Ya, kami memberi pemahaman dengan berbicara kepada mereka. Tapi terkadang kami membalasnya dengan senyuman tapi mereka tetap marah. Ya, masuk kuping kiri, keluar kanan saja," timpal Chaterine.

"Tapi untuk jurnalis kami belum pernah mendapat perlakuan seperti itu. Kalian semua baik," dia berkelakar.

Namun, semangat mereka untuk melayani orang-orang sekitarnya tak kendur. Sebab, dari kejadian-kejadian tak mengenakkan itu lah menjadi pengalaman hidup mereka.

"Ini pertama kali menjadi volunter. Kami juga tidak dibayar dengan uang. Kami hanya diberi makan, transportasi menggunakan shuttle, dan uniform. Selebih itu tak ada. Kalau pun ingin jajan kami pakai duit sendiri. Ya, kami menikmatinya," kata Chaterine.

"Selain itu, kami bisa bertemu atlet-atlet dari berbagai negara, berkomunikasi dengan tamu luar seperti kalian. Itu menjadi pengalaman berharga bagi kami. SEA Games ini sangat menyenangkan," kata mahasiswa di salah satu universitas Filipina tersebut.



Simak Video " Hore! Jokowi Bakal Kasih Bonus Buat Atlet SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com