detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 11 Des 2019 05:15 WIB

Lampaui Target 60 Emas tapi Gagal Finis 2 Besar di SEA Games, Salah Perhitungan?

Mercy Raya - detikSport
Foto: Grandyos Zafna/detikSport Foto: Grandyos Zafna/detikSport

Meski begitu, Harry menyadari, dua kontingen yang menjadi lawan Indonesia punya karakter perwakilan yang berbeda. Dalam arti, Thailand dengan jumlah kontingen cukup besar yaitu 900 orang dan sukses. Sementara Vietnam dengan jumlah atlet lebih sedikit, cabor yang diikuti juga tidak banyak, namun efektif dan fokus kepada cabang pendulang prestasi.

"Ya, artinya prestasi olahraga sekarang itu memang merata," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, menampik jika Indonesia disebut gagal. Sebab, secara perolehan medali emas sudah terpenuhi.

"Bukan gagal menembus dua besar tapi sebagai Presiden harus menetapkan tujuan tertinggi. Beliau pasti sadar nomor satu itu yang punya tuan rumah, enggak mungkin Indonesia sebagai negara besar bilangnya nomor tiga atau nomor empat. Mesti bilangnya nomor dua tapi Presiden juga bilang target emas itu 60 sampai 65. Artinya, kita sudah melebihi target yang dibuat, dari pertama Kemenpora 45 emas, kedua dari KOI 54 sudah mencapai, terakhir dari Presiden 60 sampai 65 emas kita bisa melampaui," kata Okto terpisah.

"Jadi kalau dibilang medalinya kenapa ini bisa terjadi karena ada beberapa yang tidak kirim seperti tenis dan gulat yang dipandang negara-negara kompetitor Thailand dan Vietnam. Termasuk atletik ini ditempatkan mereka sebagai try out untuk pelapis mereka," dia menambahkan.



Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com