detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 11 Des 2019 16:27 WIB

Antrean Penonton ke Pesta Penutupan SEA Games Membludak

Mercy Raya - detikSport
Foto: Mercy Raya/detikSport Foto: Mercy Raya/detikSport
Clark - Dalam hitungan jam SEA Games 2019 Filipina resmi ditutup. Penonton berbondong-bondong mengisi antrean menuju venue closing ceremony.

SEA Games 2019 di Filipina sudah berlangsung sejak 30 November sampai 11 Desember. Pesta olahraga bangsa-bangsa se-Asia Tenggara itu disebar di beberapa klaster, yakni Manila, Clark, dan Subic.

Filipina, sebagai tuan rumah, sukses menjadi juara umum dengan total 387 medali. Rinciannya, 149 emas, 117 perak, dan 121 perunggu. Menyusul di peringkat dua dan tiga Vietnam serta Thailand. Masing-masing mengemas 288 medali (98 emas, 85 perak, dan 105 perunggu) dan 318 medali (92 emas, 103 perak, dan 123 perunggu).

Sementara itu, Indonesia yang pada pekan awal sempat menduduki peringkat dua, harus puas diperingkat empat dengan perolehan 72 medali emas, 84 perak, dan 111 perunggu.

Selesainya multi-event olahraga bangsa-bangsa Asia Tenggara menjadi perhatian tersendiri bagi warga Filipina, khususnya Clark. Mereka yang ingin menyaksikan penutupan rela antre sampai satu jam lebih.

Ya, pihak panitia menyediakan shuttle bus untuk penonton dan volunter yang ingin menuju Stadion Atletik New Clark City. Sementara titik penjemputan dilakukan di SM City Clark.


"Saya menunggu sekitar satu jaman di SM Plaza. Tapi tak masalah karena saya ingin melihat penutupan," kata salah satu penonton.

Dalam pantauan detikSport, panitia sempat kelimpungan menghadapi antrean penonton yang semakin panjang. Padahal, bus-bus yang datang awalnya hanya untuk alat transportasi sukarelawanlebih dulu. Di saat bersamaan, penonton menanyakan bus ke area pelaksanaan upacara penutupan.

Tak hanya itu, media juga sempat tak bisa masuk bus. Kebetulan di SM Plaza, beberapa peliput Indonesia yang bertugas di Clark ikut mengantre.

"Mungkin karena momennya bareng dengan volunter, mereka mau ke stadion juga, sementara titik jemputnya juga di mall dan terbatas luasnya untuk parkir bus. Sedangkan, jumlah warga yang ingin ke stadion atletik hari ini juga lebih banyak dari biasanya. Jadi membludak. Kalau saya sih maklum," kata Aditya, pewarta Kantor Berita Antara.

"Harusnya kami jalan pukul 15.00 sesuai jadwal bus tapi baru jalan jam 4. Belum lagi masuk ke area stadion pasti antre juga. Entah berapa lama kami bisa sampai di lokasi," ujarnya.

Sementara itu, supir bus sebelum jalan sempat mengatakan jika bus akan tiba sekitar pukul 17.00, itu jika tidak macet.



Simak Video " Hore! Jokowi Bakal Kasih Bonus Buat Atlet SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com