detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 29 Des 2019 12:58 WIB

119 Pebalap Ikuti Kejuaraan BMX Super Cross di Ciamis

Dadang Hermansyah - detikSport
Balap sepeda BMX di Ciamis, Jawa Barat. (Foto: Dadang Hermansyah / detiksport)
Ciamis - Ratusan rider BMX menghidupkan Sirkuit Galuh, Ciamis, Jawa Barat. Sebanyak 119 pebalap mengikuti kejuaraan BMX Super Cross yang terbagi dalam berbagai kelas.

Sirkuit BMX Galuh sempat terbengkalai setelah perhelatan PON Jabar XIX 2016. Namun, sirkuit kembali semarah usai ISSI (Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia) Ciamis menggelar kejuaraan pertama yaitu, BMX Super Cross Bupati Cup.

Kejuaraan perdana itu diselenggarakan pada 28-29 Desember 2019. Para peserta dibagi ke dalam 15 kelas. Selain rider-rider lokal Ciamis, mereka banyak juga yang datang dari, Banjar, Pangandaran, Tasikmalaya, Garut, Cimahi, Bandung, Sumedang, Bekasi, Kuningan. Juga dari luar Jabar yakni Cilacap, Tumenggung, Yogyakarta, Kendal dan Jepara.

Dalam pantauan Detiksport, Minggu (29/12/2019) pagi, ribuan penonton dari warga Ciamis memadati tribune sirkuit. Mereka tak sabar untuk melihat para rider berlaga, apalagi event semacam ini jarang sekali digelar di Ciamis. Terakhir kali warga melihat balap sepeda BMX seperti itu pada tiga tahun lalu.

Saat para rider berlaga, dari start sampai finish penonton tak hentinya bersorak mendukung rider terutama dari Ciamis. Tak jarang beberapa rider terutama anak-anak yang terjatuh dan bertabrakan.

"Biasanya kalau ke Sirkuit BMX ini untuk belanja, kan area parkirnya jadi pasar dadakan seminggu sekali. Tapi pasarnya tutup, sekarang ada kejuaraan BMX, jadi penasaran ingin nonton. Soalnya belum pernah lihat," ujar Yeni Sumiati, salah seorang warga setempat.

Ketua ISSI Ciamis Andang Firman menuturkan dalam kejuaraan ini sedikitnya ada 15 kelas yang dipertandingkan. Dari challenge boys dan challenge girls usia 5 tahun, sampai 16 tahun, man and women junior hingga man and woman elite dengan peserta usia 19 tahun keatas.

"Kejuaraan ini digelar yang pertama kali. Ciamis memiliki sirkuit berskala nasional, tentunya harus dimanfaatkan dan diberdayakan salah satunya dengan menggelar event-event besar," ujar Andang.

Dalam kejuaraan ini, pihaknya juga mengundang dunia pendidikan, sekolah-sekolah untuk jadi peserta juga ikut menyaksikan. Tujuannya, untuk menarik minat para pelajar terhadap sepeda BMX. Setelah berminat dan tertarik diharapkan untuk ikut berlatih dan menjadi atlet sepeda BMX.

Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengapresiasi even BMX Super Cross Bupati Cup ini, ia berharap event ini dapat memotivasi para atlet muda Ciamis untuk terus berlatih dan meraih prestasi di event besar.

"Supaya atlet muda Ciamis lebih baik lebih maju. Khusus untuk Ciamis kalau menang ada bonus. Lawan sikat semua, kita juga punya program, ini sebagai latihan uji tanding menghadapi event besar. Karena pembinaan harus dibarengi dengan ikut event sebagai ukuran," ucap Herdiat.

119 Pebalap Ikuti Kejuaraan BMX Super Cross di Ciamis


Simak Video "Unik! Ada Finger BMX yang Dibuat Khusus untuk Fans BMX"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com