detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 04 Jan 2020 18:12 WIB

Terendam Banjir, Trek BMX Kelas Dunia di Pulo Mas Rusak

Mercy Raya - detikSport
Venue BMX di Pulo Mas terendam banjir Jakarta. (Foto: Istimewa)
Jakarta - Banjir yang menerjang Jakarta tidak hanya merendam rumah masyarakat. Fasilitas olahraga juga ikut terdampak.

Adalah venue BMX di Pulo Mas, Jakarta Timur, yang tergenang air banjir. Lapisan trek balapan yang dipakai di Asian Games 2018 itu rusak.

Kepala bidang Pembinaan Prestasi Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI), Budi Saputra, mengatakan trek terendam air sampai 50 cm.


"Pokoknya pagi-pagi pukul 07.00 WIB, saya mendapat laporan. Saya tidak tahu pastinya kapan airnya datang, tapi laporannya trek sudah terendam," kata Budi kepada detikSport, Sabtu (4/1/2020).

Imbasnya, lapisan trek balapan yang diklaim sebagai venue terbaik di dunia ini mengalami kerusakan. Bagian layer pertamanya rusak.

"Kan itu ada tiga layer, pada layer pertama pasirnya ikut terbawa. Kemudian di dalam ruangan untuk VIP dan lain-lain itu juga airnya masih ada. Sementara itu saja, tapi yang jelas trek perlu perbaikan," dia menjelaskan.

Mantan panitia pelaksana pertandingan Persija itu mengaku belum mengetahui jumlah kerugiannya. Namun, perbaikan trek yang sudah mengantongi sertifikasi internasional ini ditaksir membutuhak waktu dua pekan.

"Estimasi angka belum bisa bilang karena kontraktor baru mengecek dan baru surut semalam. Tapi, Semestinya tak ada masalah sebab perbaikannya cepat, sekitar dua minggu karena cuma layer atas saja," ujar dia.


Pindah Latihan ke Yogyakarta

Karena trek butuh perbaikan, pelatnas Timnas BMX terpaksa diboyong ke Yogyakarta. Rencananya mereka bertolak Senin (6/1/2020).

"Anak-anak sebenarnya masih libur Natal dan Tahun Baru tapi karena kondisi seperti ini jadi kemungkinan dipindah ke Yogyakarta. Jadi sembari menunggu venue rapi lagi pekan depan kami pindah ke sana," ujar dia.

"Jadi sampai sekitar pertengahan Januari. Soalnya ada balapan di Australia dan Jakarta juga. Program juga sudah diberikan pelatih," dia menambahkan.

Simak Video "Gugatan Korban Banjir ke Anies Diterima Majelis Hakim"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com