detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 25 Jan 2020 12:49 WIB

Venue PON 2020 di Mimika Hampir Beres

Adhi Prasetya - detikSport
Stadion Atletik di Mimika siap menyambut PON 2020 (Adhi Indra Prasetya/detikSport)
Mimika -

Kabupaten Mimika menjadi salah satu wilayah yang menjadi tuan rumah PON 2020 Papua. Persiapan sejumlah venue di sana sudah mencapai hampir 100 persen.

detikSport mengunjungi Mimika Sports Complex (MSC), Sabtu (25/1/2020) pagi WIT. Di tempat ini, akan diselenggarakan pertandingan basket dan nomor atletik. Lokasi ini berjarak 12 km dari Bandara Internasional Mozes Kilangin.

Gedung Basket di kompleks ini sudah selesai dibangun dan sudah pernah digunakan untuk menggelar kejuaraan antarkota/kabupaten di Papua pada 2019. Senada, Stadion Atletik telah rampung, terbukti dari trek lari yang sudah rapi. Tribune penonton tak lagi terlihat sisa-sisa pengerjaan konstruksi.

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, sempat menguji trek lari satu putaran dengan berjogging bersama sejumlah atlet-atlet cabang olahraga atletik dari Papua. Sesuai mencoba trek lari, ia pun memuji fasilitas olahraga yang dibangun dengan bantuan PT Freeport Indonesia itu.

"Kalau venuenya sudah siap ya. Kalau venuenya sudah 100 persen. Nanti mungkin tinggal memberi kesempatan para atlet untuk melakukan try out ya. Saya sudah mencoba treknya, bagus," ujar Muhadjir.

"(Di MSC akan dipertandingkan) atletik sama basket. Kita sudah lihat kan, bagus kan venuenya. Untuk treknya sudah standar internasional," dia menambahkan.

Selain MSC, venue olahraga yang ditinjau di Mimika adalah Gedung Futsal yang hanya berjarak 1 km dari MSC. Di venue futsal, terdapat dua lapangan, yakni lapangan indoor yang digunakan untuk pertandingan dan lapangan outdoor yang digunakan untuk pemanasan.

Lapangan indoor sudah selesai dibangun bersama dengan gedungnya, sedangkan lapangan outdoor sedang dalam proses penyelesaian.

"Untuk Mimika bisa dibilang hampir 100 persen ya, saya belum meninjau akomodasinya saja," kata Muhadjir menambahkan.

Selain atletik, basket, dan futsal, di Mimika juga akan diselenggarakan pertandingan cabang olahraga aerosport, biliar, judo, bola tangan, panjat tebing, dan tarung derajat.



Simak Video "PR Menko PMK dari Jokowi: Lapangan Kerja dan Manajemen Talenta"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com