detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 27 Jan 2020 23:30 WIB

Kobe Bryant dan Deretan Atlet Lainnya yang Tewas di Udara

Bayu Baskoro - detikSport
Tewasnya Kobe Bryant menambah daftar atlet yang meninggal dalam kecelakaan pesawat (Foto: Photo by Sean M. Haffey/Getty Images) Tewasnya Kobe Bryant menambah daftar atlet yang meninggal dalam kecelakaan pesawat (Foto: Photo by Sean M. Haffey/Getty Images)
California -

Kobe Bryant tewas dalam kecelakaan helikopter yang ditumpanginya. The Black Mamba menambah daftar tokoh olahraga yang wafat dalam insiden penerbangan.

Legenda basket NBA itu meninggal saat menumpang helikopter pribadi di Calabasas, California, Amerika Serikat, Minggu (26/1/2020) pagi waktu setempat. Ia dan putrinya, Gianna Bryant, bersama tujuh penumpang lainnya tewas di tempat.

Kabar meninggalnya Kobe Bryant membuat dunia olahraga berduka. Eks pemain LA Lakers itu memang dikenal sebagai mantan atlet berprestasi dengan koleksi lima titel juara NBA, dua medali emas Olimpade, serta menyabet penghargaan MVP pada 2008.

Tewasnya Kobe Bryant menambah daftar tokoh olahraga dunia yang meregang nyawa akibat kecelakaan udara. Berikut sembilan daftar beberapa atlet yang menghembuskan napas terakhir dalam insiden penerbangan:

1. 8 Pemain Manchester United (Sepakbola), 1958
Tim MU asuhan Matt Busby mengalami kecelakaan saat menumpang pesawat British European Airways 609 yang mencoba lepas landas dari landasan pacu di Bandara Munich-Riem, Munich, Jerman Barat, 6 Februari 1958. 44 penumpang tewas, termasuk delapan pemain Setan Merah.

2. Roberto Clemente (Bisbol), 1972
Clemente tewas dalam kecelakaan pesawat Douglas DC-7 di lepas pantai Isla Verde, Puerto Rico, pada 31 Desember 1972. Mantan pebisbol Pittsburgh Pirates ini wafat di usia 38 tahun.

3. Thurman Munson (Bisbol), 1974
Pemain New York Yankees itu meninggal dunia ketika sedang berlatih menerbangkan pesawat Cessna Citation I/SP miliknya di Bandara Akron-Canton, Ohio, Amerika Serikat, 2 Agustus 1979. The Yankees mempensiunkan nomor punggung 15 milik Munson sebagai bentuk penghormatan kepada catcher 32 tahun tersebut.

4. Payne Stewart (Golf), 1999
Stewart merupakan pegolf yang wafat di usia 42 tahun akibat kecelakaan penerbangan pada 25 Oktober 1999. Pesawat jet yang ditumpangi juara tiga kali kejuaraan utama golf itu terjatuh di Mina, Dakota Selatan, AS.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com