detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 11 Feb 2020 15:15 WIB

Formula E Jakarta Jadinya di Monas, GBK, atau...?

Mercy Raya - detikSport
FIA Formula E resmi digelar di Jakarta 2020 mendatang Formula E di Jakarta digelar di mana? (Foto: FIA Formula E)
Jakarta -

Balapan Formula E di Jakarta sempat menjadi polemik karena mendapat penolakan dari Sekretariat Negara jika masuk ke kawasan Monas. Seiring ada lampu hijau Formula E Jakarta di Monas, ada pula beberapa alternatif lain termasuk di kawasan GBK.

Formula E rencananya digelar Juni 2020. Sejatinya, Monas sudah ditetapkan sebagai venuenya. Namun, lima bulan penyelenggaraan muncul pelarangan ajang balap mobil itu digelar di Monas oleh Sekretariat Negara karena kawasan masuk dalam cagar budaya.

Tapi belakangan larangan itu dicabut. Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyatakan menyetujui penyelenggaraan Formula E 2020 di kawasan Medan Merdeka dalam surat Komisi Pengarah tanggal 7 Februari.

Seiring dengan pencabutan, muncul pernyataan kawasan GBK masuk dalam opsi tuan rumah Formula E. Hal itu terungkap dalam jumpa pers di media center Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK), Senayan, Selasa (11/2/2020).

Direktur Utama Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno (PPK GBK) Winarto mengatakan selain Monas, kawasan GBK juga menjadi opsi yang ditawarkan untuk menggelar ajang balap mobil internasional tersebut.

Penawaran itu diberikan oleh pihak panitia menyusul penolakan Kementerian Sekretariat Negara Formula E digelar di Monas. Sebab, Monas masuk dalam cagar budaya.

"Hari Jumat (pekan lalu) mereka menjajaki di GBK. Kami sampaikan siap dong, siap membantu. Tapi yang menjadi concern kami (setelah itu) ya meminimalisasi agar kegiatan publik tidak terganggu," kata Winarto dalam penjelasannya.

"Setelah itu, kami rutin melakukan komunikasi dari sejak Jumat, Sabtu-Minggu komunikasi lisan, lalu Senin rapat dan sampai Selasa tadi juga rapat," dia menambahkan.

Bahkan tidak hanya GBK, Winarto juga menyebut, kawasan Pantai Indah Kapuk, Taman Impian Jaya Ancol, kawasan SCBD, dan Kemayoran Jakarta Pusat, juga menjadi opsi dari pihak panitia.

"Tapi bagi GBK ini adalah kesempatan yang baik jika Formula E bisa di sini. Tapi kami juga tak bisa memaksa," ujar Winarto.

"Intinya kami dalam posisi mengakomodir. Jika sudah ada tempat ya kami dengan senang hati bahwa Formula E yang penting bisa terselenggara di Jakarta," dia menambahkan.

Seiring dengan lampu hijau dari Setneg, Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah, mengungkapkan bahwa pihaknya lebih condong untuk menggelar Jakarta E-prix di Monas.

"Tadi sudah saya sampaikan, ada beberapa alternatif kemarin, GBK (Gelora Bung Karno) salah satunya. Tapi per sore kemarin, arahnya kembali ke Monas," kata Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, seperti dilansir CNNIndonesia.com.

"Kemensetneg sudah kasih lampu hijau buat dilaksanakan di kawasan Medan Merdeka," lanjut dia.

Formula E Jakarta Jadinya di Monas, GBK, atau...?


Simak Video " Formula E Jakarta Jadinya di GBK?"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com