detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 18 Feb 2020 19:15 WIB

PB PRSI Gelar Liga Polo Air 2020

Mercy Raya - detikSport
Tim DKI Jakarta Juarai Polo Air Putra 

Pemain polo air DKI Jakarta berebut bola dengan pemain polo air Jawa Barat saat pertandingan Final polo air putra CIMB Niaga Indonesia Open Aquatic Championship di Stadion Aquatic, Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (15/12/2017).Tim Polo air putra DKI Jakarta berhasil menjuarai cabang Polo Air Putra dengan skor 12-7. Grandyos Zafna/detikcom Bakal ada Liga Polo Air mulai bulan depan di Senayan (Grandyos Zafna/detikSport)
Jakarta -

Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) akan menggelar liga polo air 2020. Ajang itu untuk mencari bibit-bibit atlet polo air yang akan tampil di SEA Games 2021.

Ketua Panitia Penyelenggara Liga Polo Air, Wisnu Wardhana, mengatakan kompetisi akan dilangsungkan di Stadion Akuatik, Senayan, mulai 3 Maret hingga Mei mendatang.

"Jadi awal mula kami buat liga ini karena melihat momentum polo air di SEA Games Desember lalu. Kami berhasil meraih emas di Asia Tenggara dan waktunya juga pas mencari bibit-bibit baru. Apalagi ke depan banyak multievent di depan mata," kata Wisnu dalam jumpa persnya di Senayan, Selasa (17/2/2020).

Hanya saja, liga yang bakal diikuti sembilan klub ini baru dimulai di level U-16 dan fokus di daerah Jakarta saja. Sembilan klub itu adalah Milenium Aquatic, JEQ, Pari Sakti, Bina Taruna, Tirta Kencana 78, Kusuma Harapan, Kuda Laut, Tirta Taruna, dan Indonesia Star Aquatic.

Sistem liga nantinya akan dibagi menjadi dua grup, round robin Grup A dan B. Laga semifinal akan ditentukan melalui rangking secara keseluruhan dari 1-9 klub teratas.



"Untuk sementara ruang lingkupnya ini masih di DKI Jakarta karena klub di luar Jakarta belum siap dari segi akomodasi dan transportasi," kata Delegasi Teknis Dean Baldwin.

"Tapi harapannya, setelah Jakarta berhasil. Daerah lain bisa mengikuti dengan demikian akan banyak muncul atet-atlet baru berpotensi," sambungnya.

"Kami akan gelar di setiap hari Selasa pukul 19.00 sampai 21.00 WIB. Total sistemnya akan dibuat setiap minggu sebanyak dua game. Sementara untuk total pertandingan diperkirakan akan mencapai 10-11 minggu dan grand final akan ada hari Sabtu. Karena jadwal bertabrakan dengan lebaran, pertandingan final akan dilangsungkan usai lebaran," tutur Dean.



Menurut rencana, hasil dari liga akan diambil untuk mengikuti seleksi timnas polo air di SEA Games 2021. Sembari menunggu hasil liga-liga polo air lainnya di daerah.

"Jadi setelah ini berjalan kami akan promosikan ke Pemprov lain. Kebetulan Jumat pekan ini akan ada Rakernas PRSI dan Pengrpov yang punya klub banyak bisa aktif untuk buat liga seperti ini. Jadi nanti juara satu duanya akan kami buat super liganya," kata wakil Ketua PB PRSI, Harlin E. Rahardjo.

"Dengan adanya kompetisi ini di setiap daerah kami akan jaring banyak bibit untuk timnas. Apalagi ke depan ada SEA Games, Asian Games, dan nanti juga kita akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2032."



Simak Video "Kisah Haru Taufik, Peraih Emas SEA Games yang Pulang Naik Angkot"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com