detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 27 Feb 2020 19:02 WIB

KONI Pusat Gelar Indonesia Marathon 2020

Mercy Raya - detikSport
Ketua umum KONI Pusat, Marciano Norman. Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

KONI Pusat menggelar Indonesia Marathon 2020. Lomba lari ini akan memperebutkan hadiah total Rp 1 miliar rupiah.

Kegiatan lari ini untuk pertama kali digelar di Jakarta pada 23 Agustus mendatang. Mengusung konsep sportourism, lomba ini akan mengajak para peserta melalui beberapa objek ikonik dan bersejarah di ibukota dengan rute yang aman dan nyaman.

"Tujuan kami mengadakan ini untuk bisa menuju ke maraton dunia seperti Chicago, Tokyo, dan Berlin," kata Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman dalam jumpa persnya di Media Center Kemenpora, Senayan, Kamis (27/2/2020).

Hadir dalam acara itu, Menpora Zainudin Amali. Adapun target dari peserta yang akan dibidik yaitu 10 orang dari dalam dan luar negeri. Selain maraton, panpel juga akan melombakan half marathon, 10K, dan 5K.



Nantinya, para pemenang berhak memperebutkan Piala bergilir untuk pemenang di lomba kategori Nasional, internasional, dan beberapa kategori lainnya. Sedangkan Piala Ketum KONI juga akan dipersembahkan kepada pemenang kategori komunitas.

Bahkan bagi peserta nasional yang mampu memecahkan rekor nasional maraton milik Eduardus Nabunome (dengan rekor 2 jam 19 menit 18 detik) hadiah satu miliar rupiah pun siap menanti. "Anggaran kami kerja sama dengan sponsor yang dikelola profesional," ujarnya.

Di sisi lain, eks kepala Badan Intelijen Negara (BIN) ini berharap dukungan dari Kemenpora dalam hal izin dan kebijakan.

"Dukungan dari pemerintah yaitu terkait kebijakan bahwa kegiatan ini bisa digelar Agustus dan masuk dalam rangkaian HUT Republik Indonesia," kata Marciano.



Menpora memuji KONI Pusat sebagai penggagas yang tak hanya menaungi induk olahraga tapi berani berinovasi dengan membuat suatu event yang menjanjikan.

"Saya tentu sangat berbahagia kepada KONI Pusat. Ini adalah inovasi yang bagus karena selama ini kita kenal KONI Pusat hanya mengatur cabang olahraga saja," kata menteri asal Gorontalo itu.

"Event ini sangat bagus, tujuannya juga supaya bisa tembus ke maraton dunia. Bagi Indonesia ini hal yang membanggakan. Kami akan bekerja sama dengan Kemenparekraf untuk menaungi sportourism, apalagi nantinya ini tiap tahun bakal diadakan di kota-kota berbeda," sambungnya.




Simak Video "Blak-blakan Ketua Umum KONI: Ingat KONI, Prestasi Bukan Korupsi"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com