detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 11 Mar 2020 13:35 WIB

Tunda Formula E Jakarta, Anies Baswedan Beberkan Alasannya

Mercy Raya - detikSport
Kawasan Monas yang akan menjadi lokasi balapan Formula-E. Tunda Formula E Jakarta, Anies Baswedan Beberkan Alasannya (Rengga Sancaya/detikSport)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, membeberkan alasan ditundanya gelaran Formula E 2020. Dia tak ingin ambil risiko keselamatan warganya.

Anies telah resmi menunda penyelenggaraan ajang mobil balap listrik yang rencananya dijadwalkan di Monas, Jakarta Pusat, 6 Juni mendatang.

Penundaan yang belum diketahui sampai kapan ini dikatakan Anies sebagai bentuk penekanan penyebaran wabah virus Corona alias Covid-19 itu.

"Komunikasi terus kami lakukan selama beberapa waktu ini dan sangat intensif. Bukan hanya memantau perkembangan seluruh dunia, tapi juga Jakarta demi menjaga keselamatan dan kesehatan warga Jakarta. Karena itu sebagai prioritas utama," kata Anies dalam jumpa pers di Balai Kota, Jakarta, Rabu (11/3/2020).



Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menjelaskan tak ingin ambil risiko jika gelaran balapan itu tetap dilangsungkan sesuai jadwal. Sementara, virus corona sampai kini belum juga ditemukan solusinya.

"Kegiatan Formula E ini adalah sebuah kegiatan yang dihadiri oleh wisatawan internasional. Risiko yang mungkin terjadi terlalu besar bagi Jakarta. Bila begitu banyak wisatawan datang dari negara-negara yang memiliki kasus corona virus," ujar dia.

"Kami tidak ingin mengorbankan keselamatan warga demi pencapaian perekonomian. Memang Formulla E ini memberikan dampak ekonomi yang besar, tapi bila punya risiko untuk warga maka kami tunda," lanjutnya.

"Alhamdullilah pihak Formula E dan FIA menyetujui itu, sehingga hari ini kami di Jakarta dan mereka di Eropa akan bersama-sama mengumumkan bahwa Formula E bulan Juni tidak dilaksanakan," tegas ia.



Simak Video "Aspal Untuk Sirkuit Formula-E Diuji Coba di Monas"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com