detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 15 Mar 2020 12:55 WIB

Trek Downhill Baru di Lembang yang Menantang

Whisnu Pradana - detikSport
Downhill di Lembang Trek Downhill Baru di Lembang yang Menantang (Whisnu Pradana/detikSport)
Lembang -

Ratusan penyuka olahraga downhill berbondong-bondong mendatangi The Lodge Maribaya Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Ada trek downhill yang baru!

Trek downhill sepanjang 1,5 kilometer itu punya medan yang cukup menantang, bakal memanjakan para penyuka downhill bahkan atlet nasional sekalipun.

Scott Thompson, salah satu partisipan ujicoba trek asal Inggris, mengatakan trek yang berada di tengah-tengah tempat wisata dikelilingi pepohonan sangat menarik dan menantang.

"Untuk treknya pendek tapi lumayan tricky. Di titik awal itu kita langsung dikasih belokan curam dan turunan agak curam. Setelahnya dihantam dengan tanjakan," kata Scott saat ditemui usai ujicoba, Minggu (15/3/2020).



Rencananya, trek tersebut akan digunakan perdana untuk kompetisi balap sepeda extreme downhill 'The Lodge Downhill Championship 2020' yang akan digelar 3-5 April mendatang.

Scott mengaku trek di The Lodge Maribaya memiliki kecuraman yang cukup ekstrem. Sejak mencoba menuruni trek dengan sepeda, titik ekstrem ada di bagian awal, tengah, dan akhir.

"Mungkin kecuraman turunan itu lebih dari 40 derajat, langsung nanjak lagi. Belokannya juga cukup sulit. Secara keseluruhan trek ini sudah bagus dan cocok untung event," bebernya.

Ateng, atlet sepeda downhill yang ikut menjajaki trek tersebut, menyebut jalur yang tersedia sudah sangat baik termasuk untuk pesepeda pemula.

"Untuk rider pemula bisa, asal lihat skill juga. Treknya enak, tapi mungkin bisa lebih dipanjangin. Tadikan panjang hanya 1,5 kilometer, dari start sampai finish hanya 1 menitan, agak kurang sebetulnya. Bisa di bawah 2 menit seharusnya," katanya singkat.

Trek Downhill Baru di Lembang yang MenantangFoto: (Whisnu Pradana/detikSport)



Mengenai gelaran The Lodge Downhill Championship 2020, pihak penyelenggara menargetkan bisa dimeriahkan oleh 250 peserta dari berbagai negara, dengan kategori Men Open, Woman Open, Juvenile, Youth, Junior, Master B, Master C, Master D, Master E, dan Veteran.

"Total peserta yang sudah terdaftar itu ada 100. Skalanya nasional, ada juga yang dari Malaysia, Singapura sudah konfirmasi hadir. Karena ada peserta dari luar negeri, kita antisipasi dengan minta surat keterangan sehat mereka dan akan ada pengecekan suhu tubuh sebelum pelaksanaan," ujar Head of Marketing Communications The Lodge Maribaya, Puji Fauziah Setia Rahayu.



Simak Video "Komunitas Downhill, Magelang"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com