detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 18 Mar 2020 00:15 WIB

IOC: Belum Ada Rencana Tunda Olimpiade 2020 Tokyo

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Virus corona masih jadi perhatian serius warga dunia. Jumlah korban tewas yang tembus angka 2 ribu orang secara global ancam penyelenggaraan Olimpiade di Tokyo. Olimpiade 2020 Tokyo bertekad digelar sesuai jadwal. (Foto: Getty Images/Tomohiro Ohsumi)
Jakarta -

Merebaknya virus corona secara global membuat Olimpiade 2020 Tokyo jadi salah satu ajang besar olahraga yang terancam. Tapi belum ada rencana untuk menunda.

Sejak muncul di akhir tahun 2019, virus corona kini telah mewabah dan ditetapkan sebagai pandemi oleh WHO. Lebih dari 190 ribu orang terinfeksi, dengan setidaknya 7.500 jiwa melayang.

Virus yang mudah menular ini pun pada akhirnya membuat sejumlah agenda olahraga terganggu. Mulai dari liga-liga sepakbola yang ditangguhkan, hingga balapan MotoGP dan GP Formula 1 yang ditunda dan dibatalkan.

Sejumlah ajang besar tahun ini seperti Copa America dan Piala Eropa telah dipastikan ditunda hingga tahun depan. Melihat perkembangan ini, muncul spekulasi bahwa Olimpiade 2020 Tokyo juga akan mengalami penundaan.

Namun Komite Olimpiade Internasional (IOC) memastikan berkomitmen tetap menggelar Olimpiade sesuai jadwal. Olimpiade rencananya digelar mulai 24 Juli-9 Agustus.

"IOC tetap berkomitmen penuh terhadap Olimpiade Tokyo 2020, dan dengan lebih dari empat bulan sebelum ajang, tidak perlu ada keputusan drastis di tahap ini. Dan spekulasi apapun di momen ini akan kontra-produktif," ungkap pernyataan resmi IOC.

"IOC mendorong semua atlet untuk melanjutkan persiapan ke Olimpiade Tokyo 2020 sebaik mungkin. Kami akan terus mendukung para atlet dengan berkonsultasi dengan mereka dan masing-masing NOC (Komite Olimpiade Nasional), serta memberikan mereka informasi dan perkembangan terakhir."

Dalam pernyataannya, IOC turut menegaskan keyakinannya bahwa langkah-langkah yang diambil berbagai negara akan mampu meredam penyebaran virus corona.



Simak Video "Sebaran Kasus Aktif Corona RI Per 4 Oktober, Terbanyak di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com