detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 20 Mar 2020 01:16 WIB

Imbas Virus Corona, Seri Pertama ISSOM 2020 Ditunda

Mohammad Resha Pratama - detikSport
ABM Motorsport meraih sembilan trofi juara di ISSOM seri VI, Minggu (12/11/2019) Seri pertama ISSOM 2020 harus ditunda gara-gara virus corona (dok.ABM Motorsport)
Jakarta -

Tak ada seri pertama Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2020. Seri tersebut ditunda gara-gara "teror" virus corona di Tanah Air.

Indonesia jadi salah satu negara ASEAN yang cukup tinggi tingkat kematiannya karena virus corona. Sejak virus itu memasuki Indonesia pada awal Maret, sudah 309 kasus dengan 25 orang meninggal dunia dan 15 lainnya sembuh hingga Kamis (19/3/2020) malam WIB.

Karena penyebaran virus corona itulah, banyak kegiatan yang melibatkan massa banyak ditunda. Bahkan sekolah dan kegiatan perkantoran pun banyak yang dliburkan karenanya.

Dunia olahraga juga terkena dampaknya dengan banyaknya penundaan dan pembatalan. Salah satu yang merasakan imbasnya adalah dunia otomotif, dalam hal ini perhelatan Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM).


Seri pertama ISSOM harusnya dihelat akhir pekan ini mulai Jumat (20/3) hingga Minggu (22/3). Namun, karena arahan pemerintah pusat, daerah, hingga Ikatan Motor Indonesia terkait pandemi virus corona, seri pertama harus diundur sampai waktu yang belum ditentukan.

Pernyataan tersebut resmi keluar dari Surat Keputusan (SK) PT Sarana Sirkuitindo Utama selaku pengelola sirkuit sentul yang memberikan info tentang penundaan tersebut. Pengelola sirkuit sentul sudah membicarakan penundaan ini bersama ABM Enterprise sebagai promotor lomba.

Dalam surat yang diterima detikSport, ada tiga poin penting terkait penundaaan, yakni penyelenggaraan ulang menyesuaikan eskalasi status penularan virus dari pemerintah pusat.

Lalu, penyelenggaraan nantinya menyesuaikan perizinan dari IMI Pusat, rekomendasi IMI Pengprov IMI Jawa Barat, dan Kepolisian Republik Indonesia. Yang terakhir adalah ekomendasi Pengprov, administrasi maupun proses penyelenggaraan yang telah dilaksanakan tetap berlaku namun menyesuaikan dengan penundaan jadwal.

Seri kedua ISSOM rencananya dihelat sekitar bulan Juni setelah rehat selama April-Mei terkait puasa ramadan dan Idul Fitri. Belum diketahui langkah selanjutnya dari pihak ABM dan Sentul soal ISSOM musim ini.

Imbas Virus Corona, Seri Pertama ISSOM 2020 Ditunda


Simak Video "Klub Sepakbola Asal Spanyol Akan Bangun Pusat Pelatihan di Sentul "
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com