detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 23 Mar 2020 18:47 WIB

Gara-gara Virus Corona, Oceanman 2020 di Bali Diundur

Randy Prasatya - detikSport
Oceanman Foto: Istimewa
Jakarta -

Virus Corona sedang merebak di Indonesia. Hal itu membuat Oceanman 2020 di Bali diundur.

Dua mantan perenang nasional, Felix dan Albert Sutanto, rencananya akan menggelar ajang renang perairan terbuka Oceanman di Bali, pada 10-11 April 2020. Namun, mempertimbangkan bahaya virus corona (COVID-19) terhadap peserta, mereka memundurkan jadwal penyelenggaraan ke 28-29 Agustus 2020.

"Kami sudah melakukan sejumlah persiapan. Namun, keselamatan dan keamanan peserta dan masyarakat merupakan hal terpenting. Jadi, kami memutuskan menunda Oceanman 2020. Kami sudah mendiskusikan ini dengan Pemerintah Provinsi Bali dan pihak terkait," ungkap Felix.

"Kami sebagai warna negara Indonesia dan dunia juga berharap, semua yang terpapar virus ini segera sembuh dan tidak ada lagi korban jiwa . Untuk masyarakat, kami berharap selalu sehat dan semoga virus corona ini segera teratasi dengan kesadaran menjaga kebersihan diri serta mentaati anjuran -anjuran dari pemerintah," lanjut Felix.

Sementara itu, Albert menilai ada dampak positif dari penundaan Oceanman 2020. Penyelenggara, menurut Albert, jadi punya kesempatan untuk menyiapkan Oceanman 2020 lebih baik dan di sisi lain, masyarakat akan memiliki kesadaran lebih tinggi untuk menjaga kesehatan dengan berolahraga.

"Virus corona membuat semua orang lebih memperhatikan kesehatan, mulai dari mencuci tangan , menggunakan masker, minum air putih, hingga berolahraga. Kami berharap bisa menyiapkan Oceanman 2020 lebih baik, sehingga bisa menjadi salah satu opsi bagi masyarakat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran," ulas Albert.

"Dengan penundaan ini, kami juga mendapatkan opsi untuk menyelenggarakan World Champion Oceanman di Indonesia. Kami berharap, virus corona teratasi, Oceanman 2020 di Bali terselenggara dengan baik, dan kita punya posisi bagus untuk menjadi tuan rumah World Champions Oceanman. Setelah persoalan virus corona usai, Indonesia punya kesempatan untuk bangkit antara lain melalui Oceanman ini," tutur Albert.

Felix dan Albert sudah menyiapkan Oceanman 2020 setidaknya sejak Desember 2019. Mereka menyiapkan sejak jauh-jauh hari karena ini akan menjadi kali pertama Oceanman diselenggarakan di Indonesia.

"Sejak awal, Felix dan Albert mewanti-wanti semua yang terlibat untuk menyiapkan semua dengan baik karena ajang ini bukan soal Bali saja, tetapi juga Indonesia. ketika kasus virus corona merebak di Tiongkok, kami bereaksi dengan berkoodinasi dengan pemerintah provinsi Bali untuk membicarakan opsi antisipasi," ujar ujar Direktur Roro Jonggrang Sport EO, Joko Setyo Pramuji, yang menjadi kepala pelaksana Oceanman 2020 Bali.

"Begitu ada kasus di Indonesia, kami menutup registrasi dan berdiskusi dengan sejumlah dokter dan Pemerintah Provinsi Bali. Dan, kami akhirnya memutuskan menunda karena keselamatan adalah hal utama. Kami berharap, situasi segera membaik dan dampak virus corona bisa dihentikan," tambah Joko.



Simak Video "Kasus WNI Positif Corona Kini Mencapai 309"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com