detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 25 Mar 2020 05:30 WIB

Menpora Akan Laporkan Penundaan Olimpiade 2020 ke Jokowi

Mercy Raya - detikSport
Menpora Zainudin Amali gelar rapat dengan para operator liga terkait virus corona. Menpora menyerahkan kebijakan penanggulangan corona kepada cabor masing-masing. Menpora Zainudin Amali akan laporkan penundaan Olimpiade 2020 ke Presiden RI Joko Widodo (Rengga Sancaya/detikSport)
Jakarta -

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, akan melaporkan soal penundaan Olimpiade 2020 kepada Presiden RI Joko Widodo. Dia juga ingin meminta arahan terkait anggaran pelatnas.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, sepakat menunda Olimpiade Tokyo hingga tahun depan.

Keputusan diambil pada Selasa (24/3/2020) dengan mempertimbangkan ancaman virus corona, jka multievent empat tahunan itu tetap dilanjutkan sesuai jadwal, 24 Juli - 9 Agustus.


Amali telah mendengar terkait keputusan itu. Dia masih menunggu pengumuman resmi dari Komite Olimpiade Indonesia, sebelum melaporkan kepada Joko Widodo selaku kepala negara.

Hal ini penting mengingat berhubungan dengan anggaran pelatnas. Selain itu, sejumlah kementerian dan lembaga pemerintah saat ini tengah meninjau anggarannya masing-masing berkaitan dengan virus corona.

Kemenpora berencana untuk meniadakan kegiatan, baik kepemudaan maupun keolahragaan, karena akan dikonsentrasikan kepada penanganan wabah COVID-19.

"Jadi kami alokasikan ke yang lebih penting ini. Tapi ini tentu saya harus lapor ke Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan Bapak Presiden tentang situasi ini. Tapi lewat teleconference semua," kata Amali kepada detikSport.



Simak Video "Indonesia Bidik Wisata Olahraga Sebagai Sumber Devisa Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com